Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

Cemas, Cara Duduk Hingga Lipatan Sekitar Mata Ferdy Sambo Saat Sidang Etik Jadi Sorotan Ahli

Ahli Forensik Emosi Handoko Gani soroti cara duduk dan lipatan mata Irjen Ferdy Sambo saat menjalani Sidang Komisi KEPP terkait pembunuhan Brigadir J.

Kolase Foto Tribun Jakarta
Kolase Foto Irjen Ferdy Sambo saat mengikuti sidang etik, Kamis (25/8/2022). Ahli Forensik Emosi Handoko Gani soroti cara duduk dan lipatan mata Irjen Ferdy Sambo saat menjalani Sidang Komisi KEPP terkait pembunuhan Brigadir J. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Ahli Forensik Emosi Handoko Gani menyoroti ekspresi Irjen Ferdy Sambo saat menjalani Sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri (KEPP) terkait pembunuhan Brigadir J.

Sidang Etik itu berakhir dengan keputusan pemecatan terhadap Irjen Ferdy Sambo dari kepolisian.

Handoko Gani melihat suami Putri Candrawathi itu cemas dan tidak nyaman saat mengikuti sidang yang dipimpin Kabaintelkan Komjen Ahmad Dofiri.

Selain itu, Handoko Gani juga menganalisa lipatan sekitar mata jenderal bintang dua itu.

Handoko Gani membaca kondisi psikologis Irjen Ferdy Sambo terlihat dari tangannya yang memegang ujung kursi yang didudukinya.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Ferdy Sambo Satu Sel, Kelakar jenderal Bonaparte: Saya Openi

"Di dalam salah satu seni dari gestur ketika seseorang itu memegang suatu benda, memutar-mutarkan benda atau meremas benda itu tanda seseorang yang sedang tidak nyaman, tegang, cemas," kata Handoko dikutip Tribunnews dari YouTube Kompas TV, Kamis (25/8/2022).

Ia melihat Irjen Ferdy Sambo tegang meskipun cara duduknya bersandar pada kursi sidang.

Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik buntut kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamis (25/8/2022).
Irjen Ferdy Sambo menjalani sidang kode etik buntut kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamis (25/8/2022). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

"Ketika kita menganalisa gestur kita tidak bisa langsung mengatakan dengan duduk bersandar ke belakang adalah gestur santai, ini salah besar, bersandar ke belakang itu bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kondisi tubuh yang kelelahan," imbuh Handoko

Handoko juga menganalisa posisi kepala hingga ekspresi wajah.

Dimana Ferdy Sambo memperlihatkan kondisi stressfull atau tertekan, jadi nggak santai," katanya lagi.

Jantung Berdebar

Handoko Gani juga menganalisa debar jantung Irjen Ferdy Sambo terlihat saat sidang.

"Saya juga melihat debar jantung, kalau seseorang yang santai debar jantungnya itu tidak terlihat, debar jantung Ferdy Sambo ini kelihatan, itulah orang yang tegang, napasnya pendek," katanya.

Baca juga: Irjen Ferdy Sambo Dipecat, Pagi Ini Giliran Sang Istri Putri Candrawahi Diperiksa Kasus Brigadir J

Dalam video memang terlihat Ferdy Sambo beberapa kali menarik napas pendek.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved