Jalur Sepeda Anies Sepi Peminat, Pegawai Dishub Wajib Lakukan Ini Tiap Jumat

Jalur sepeda yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sejumlah ruas jalan ibu kota sepi peminat. Pegawai dihsud wajib lakukan ini.

TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Jalur sepeda yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sejumlah ruas jalan ibu kota sepi peminat. Pegawai dihsud wajib lakukan ini. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci


TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Jalur sepeda yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sejumlah ruas jalan ibu kota sepi peminat.

Bahkan, jalur sepeda permanen yang ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman lebih sering diserobot pemotor dibanding digunakan pesepeda.

Untuk mendorong penggunaan jalur sepeda yang sudah menelan anggaran miliaran rupiah ini beragam cara dilakukan Pemprov DKI.

Salah satu langkah yang diambil ialah dengan mewajibkan seluruh pegawai dan aparatur sipil negara (ASN) Dinas Perhubungan menggunakan sepeda setiap Jumat.

Aturan soal kewajiban penggunaan sepeda setiap Jumat ini tertuang dalam Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0031 tahun 2022.

Baca juga: Imbas Citayam Fashion Week: Trotoar Mendadak Jadi Parkir Liar, Jalur Sepeda Diserobot Pemotor

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, aturan itu diterbitkan sebagai upaya Dishub menyosialisasikan penggunaan jalur sepeda.

"Itu upaya kami untuk memastikan agar jalur sepeda dapat kita gunakan, itu upaya bagian kami menyosialisasikan jalur sepeda yang kami buat," ucapnya saat ditemui di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (26/8/2022).

Sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan berjaga di jalur sepeda yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.
Sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan berjaga di jalur sepeda yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. (Dok Sudin Kominfotik Jaksel)

Orang nomor dua di DKI ini menyebut, kebijakan ini nantinya akan diperluas ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

"Ya Insyaallah (nanti diterapkan di dinas-dinas lain). Semua juga akan kami upayakan, semua untuk menyemarakkan dan melaksanakan kemudahan jalur sepeda," ujarnya.

Meski lebih sering diserobot pemotor dibandingkan pesepeda, Ariza menegaskan komitmen Pemprov DKI untuk tetap memperluas jalur sepeda.

Baca juga: Anies akan Bangun Lagi Jalur Sepeda Hampir 200 Km Senilai Rp 119 Miliar, Kapan Dimulai?

Sebagai informasi, Pemprov DKI sepanjang 2022 ini menargetkan menambah jalur sepeda sepanjang 195,6 kilometer di 20 lokasi.

Dengan demikian diharapkan hingga akhir tahun nanti DKI Jakarta punya jalur sepeda sepanjang 250 kilometer.

"Setiap anggaran tahunan kami selalu menganggarkan untuk pengembangan, memperpanjang dan memperluas jalur sepeda," kata Ariza.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved