Airin Angkat Bicara soal Maju Pilkada Banten atau DKI Jakarta: Saya Pasti Istikharah Dahulu

Menurut Airin, elektabilitas bakal jadi salah satu faktar penting bagi dirinya untuk maju sebagai calon kepala daerah di Banten atau DKI Jakarta.

TribunJakarta.com
Mantan Wali Kota Tangerang sekaligus Ketua Bidang Perempuan DPP Partai Golkar Airin Rachmi Diany memberikan keterangan atas adanya dukungan untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta atau Pilkada Banten 2024, di sela Rakornis Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).  

TRIBUNJAKARTA.COM - Mantan Wali Kota Tangerang sekaligus Ketua Bidang Perempuan DPP Partai Golkar Airin Rachmi Diany masih menunggu waktu yang tepat merespons adanya dukungan kepada dirinya untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta atau Pilkada Banten pada 2024 mendatang.

Airi menyampaikan terima kasih atas dukungan tersebut.

Namun, ia juga mengakui untuk maju menjadi calon kepala daerah pada 2024 mendatang dipengaruhi beberapa faktor, sebelum nantinya diputuskan oleh partai.

Faktor itu di antaranya populeritas, elektabilitas atau tingkat keterpilihan atau ketertarikan publik terhadap calon hingga hasil Pileg 2024.

Hal itu dikarenakan akan ada tiga pemilihan pada Pemilu 2024 mendatang, termasuk pilkada serentak.

"Saya selalu sampaikan, terima kasih selama ini kan ada tawaran di beberapa daerah, baik juga untuk pileg maupun juga untuk pilkada. Yang pasti selalu saya sampaikan, tadi juga saya sampaikan bahwa pemilu ini ada tiga di tahun yang sama," kata Airin di sela Rakornis Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

"Dan hasil pilkada itu kan ditentukan oleh Pileg karena jumlah kursi maupun suara yang lainnya itu menentukan, apakah kita (Golkar) bisa mengusung calon sendiri ataukah kita harus melakukan koalisi yang lain," sambungnya.

Baca juga: Langkah Airin di Pilkada Banten Berat, Elektabilitasnya Cuma Peringkat 6 di Bawah Zaki dan Andika

Menurut Airin, elektabilitas bakal jadi salah satu faktar penting bagi dirinya untuk maju sebagai calon kepala daerah di Banten atau DKI Jakarta. 

"Tentu kami akan melihat sejauh mana respons masyarakat terhadap diri saya, tentu yang akan memilih kan masyarakat. Jadi, apakah masyarakait menyukai, apakah akan memilih saya? Itu bisa dilihat dari indiktor-indikator itu.

Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Airin Rachmi Diany (Kanan).
Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Airin Rachmi Diany (Kanan). (Tribun Jakarta)

Tapi, yang pasti saya terima kasih atas dukungannya. Apalagi ini kan suaranya dari DPD Partai Golkar di Banten tentu ini menjadi aspirasi yang harus disampaikan juga," paparnya.

Untuk saat ini, lanjut Airin, bukan waktu yang tepat untuk memutuskan siapa yang dimajukan Partai Golkar maupun apakah dirinya maju di Pilkada Banten atau Pilkada DKI Jakarta.

"Sekarang belum ketahuan, saya pasti istikharoh dahulu. Saya selalu dan selalu berdoa meminta yang di saat kapan nih, seperti kemarin (Pilkada Tangerang Selatan) atau 2024 nanti atau kapan dan apakah mau di DKI atau Banten," ujar mantan Wali Kota Tangerang Selatan dua periode itu.

Airin menambahkan, saat ini Airin dirinya tengah fokus mempersiapkan mesin partai dari kader perempuan Partai Golkar.

Baca juga: Panasnya Bursa Cagub DKI, Ini Sederet Nama Calon Suksesor Anies Baswedan dan Awal Mula Kemunculannya

Targetnya tak hanya memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan di legislatif pada 2024, tapi juga membahas berbagai masalah yang terjadi di wilayah.

"Dan pada intinya, kami fokus di Pileg, Pilres dan tentunya juga pilkada," tukasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved