Ribuan Orang Ikuti Kirab Merah Putih, Bendera Sepanjang 1,7 Km Dibentangkan Mulai Monas hingga HI

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, ribuan orang tampak menyemut di kawasan Bundara HI, yang jadi titik akhir kegiatan kirab Merah Putih ini.

YouTube
Ribuan orang mengikuti kirab Merah Putih di Jalan MH Thamrin mulai Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas), hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) pagi. Ribuan orang dari berbagai elemen itu membentangkan bendera sepanjang 1.700 meter.  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Ribuan orang memadati Jalan MH Thamrin mulai Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas), hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) pagi.

Ribuan orang dari berbagai elemen itu mengikuti kirab Merah Putih, dengan mengangkat bendera sepanjang 1.700 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, panjang bendera Merah Putih ini sekitar 1.700 meter dan dibawa oleh 50 ribu orang.

Adapun agenda ini dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan anggota Wantimpres Habib Lutfi Bin Yahya, di depan Istana Merdeka.

Baca juga: HUT ke-77 RI, Plt Wali Kota Bekasi Ikut Gerakan Nasional 10 Juta Bendera Merah Putih

Kegiatan ini sontak menyedot perhatian ribuan warga yang juga sedang melakukan kegiatan olah raga di Car Free Day (CFD).

Tak hanya masyarakat yang turun, dalam acara bertajuk kirab Bendera Merah Putih ini juga diramaikan dengan atraksi marching band akademi kepolisian Republik Indonesia (Akpol).

Sejumlah orang mengangkat miniatur Burung Garuda dalam kegiatan kiran Merah Putih di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) pagi. Dalam kegiatan tersebut, bendera Merah Putih ini sekitar 1.700 meter yang dibentangkan oleh ribuan orang dari berbagai elemen di Jalan MH Thamrin mulai Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas). 
Sejumlah orang mengangkat miniatur Burung Garuda dalam kegiatan kiran Merah Putih di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022) pagi. Dalam kegiatan tersebut, bendera Merah Putih ini sekitar 1.700 meter yang dibentangkan oleh ribuan orang dari berbagai elemen di Jalan MH Thamrin mulai Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas).  (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

Dari pantauan, terlihat pula sebuah miniatur Burung Garuda Pancasila dibopong menggunanakan tandu oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Tak hanya itu, kirab Merah Putih ini juga diramaikan dengan atraksi marching band Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol).

Baca juga: Merah Menyala, Ini Makna dan Asal-usul Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

Baca juga: Pesan Anies Baswedan Jelang Pemilu 2024: Jaga Kebersamaan, Jaga Persatuan

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, ribuan orang tampak menyemut di kawasan Bundara HI, yang jadi titik akhir kegiatan kirab Merah Putih ini. 

Sebuah panggung didirikan di depan Pos Polisi Bundaran HI.

Pertunjukkan musik hingga tarian daerah ditampilkan untuk menghibur masyarakat yang hadir.

Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter yang dibawa oleh puluhan ribu warga melintasi Jalan MH Thamrin mulai kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022).
Kirab Merah Putih sepanjang 1.700 meter yang dibawa oleh puluhan ribu warga melintasi Jalan MH Thamrin mulai kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Sementara itu, puluhan aparat gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terlihat berjaga di lokasi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Gatot Eddy, Irwasum Komjeng Agung Budi Maryoto, dan Habib Lutfi juga telah hadir di Bundaran HI. (Annas Furqon Hakim/Pebby Adheliana)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved