Cerita Kriminal

Ibu Tiga Anak Curi Ponsel Bocah di Pasar Minggu, Kini Bebas Lewat Restorative Justice

Tersangka kasus pencurian HP bernama Dewi Nova dibebaskan lewat skema restorative justice atau keadilan restoratif yang dilakukan Kejari Jaksel.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Kejari Jakarta Selatan membebaskan tersangka kasus pencurian HP melalui restorative justice, Senin (29/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Tersangka kasus pencurian handphone (HP) bernama Dewi Nova dibebaskan lewat skema restorative justice atau keadilan restoratif yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan 

Ibu tiga anak itu diketahui mencuri HP milik seorang bocah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 18 Juni 2022 lalu.

Kejari Jakarta Selatan kini telah menerbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKP2) dalam kasus pencurian HP tersebut.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Jakarta Selatan Denny Wicaksono mengatakan, pihaknya telah mempertemukan tersangka dan korban pada 16 Agustus 2022.

Ketika itu korban menyatakan telah memaafkan perbuatan pelaku dan bersedia menyelesaikan kasus ini secara restorative justice.

Baca juga: HP Brigadir J Hilang dan Jejak Digital Diacak-acak, Inikah Sosok Terlibat Hilangkan Barang Bukti?

"Berdasarkan surat perintah kami melakukan pendekatan keadilan secara restorative, yang mana pada tanggal 16 Agustus 2022 kami pertemukan tersangka di hadapan penyidik dan juga Jaksa, dan korban yang diwakili suaminya," kata Denny di Rumah Restorative Justice di Kantor Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (29/8/2022).

"Di situ kami pertemukan, kami tanyakan pada korban apakah mereka memaafkan perbuatan itu," tambahnya.

Selain pernyataan korban yang telah memaafkan tersangka, Deni menyebut Kejari Jaksel juga mempertimbangkan persyaratan lainnya untuk dapat menempuh restorative justice.

"Syarat dari restorative justice kita melihat pada diri tersangka dia belum pernah dipidana. Kedua, ancaman tak lebih dari 5 tahun. Ketiga, korban kami datangkan apakah ada pemberian maaf dari korban," terang dia.

Baca juga: Begal Beringas Sasar Pelanggan Warkop di Beji Depok, Pelaku Membabi Buta Demi Bawa Kabur HP Korban

Setelah semua syarat terpenuhi, tersangka Dewi Nova pun dinyatakan bebas.

"Mengingat tersangka ini sudah dilakukan penahanan dari penyidik polisi sampai di Kejaksaan kurang lebih 2 bulan, hari ini penuntutannya dihentikan," ujar Denny.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved