Survei Indometer: Publik Puas Kerja Keras Presiden Jokowi Atasi Inflasi

Survei Indometer merilis hasil survei kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo. Sebanyak 80,2 persen responden puas terhadap kinerja Jokowi.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan anggota sidang saat akan meninggalkan tempat usai menyampaikan pidato pengantar RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta nota keuangannya pada pembukaan masa persidangan I DPR tahun 2022-2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2022). Survei Indometer merilis hasil survei kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo. Sebanyak 80,2 persen responden puas terhadap kinerja Jokowi. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi pada bulan Juli 2022 mencapai 4,94 persen year-on-year, tertinggi sejak 2015 silam.

Gejolak kenaikan harga komoditas pangan seperti cabai, bawang merah, telur ayam, dan minyak goreng menyumbang tingginya inflasi nasional.

Selain itu tarif listrik dan tiket pesawat yang diregulasi pemerintah turut mendongkrak inflasi.

Sejumlah faktor menjadi penyebab rentetan kenaikan harga, terutama disrupsi rantai pasok pasca-pandemi, di mana permintaan pasar mulai pulih tetapi belum diimbangi dengan layanan yang tersedia.

Terbukti dari data pertumbuhan ekonomi kuartal II/2022 yang mencapai 5,44 persen, atau terjaga pada kisaran 5 persen berturut-turut selama tiga kuartal.

Baca juga: Presiden Jokowi Lepas Kirab Merah Putih Sepanjang 1,7 Km di Istana Merdeka, 2 Tokoh Ini Mendampingi

Sentimen global turut mempengaruhi lonjakan harga pangan dan energi, yang diperparah dengan perang berlarut-larut di Ukraina.

Presiden Jokowi menggerakkan seluruh komponen pemerintahan pusat dan daerah untuk bersinergi mengendalikan inflasi.

Jokowi bahkan terbang ke Eropa untuk mendorong dibukanya keran ekspor gandum yang tertahan akibat perang.

Survei Indometer terkait tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi.
Survei Indometer terkait tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi. (ISTIMEWA)

Temuan survei yang dilakukan INDOMETER menunjukkan publik memberikan apresiasi positif kepada Presiden Jokowi atas kinerja pemerintah dalam mengatasi inflasi.

Sebanyak 80,2 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Jokowi, di antaranya 8,5 persen merasa sangat puas.

“Publik puas dengan kinerja Jokowi karena dinilai telah bekerja keras mengatasi inflasi,” ungkap Direktur Eksekutif lembaga survei INDOMETER Leonard SB dalam keterangan tertulis, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Di Depan Purnawirawan TNI, Jokowi Sebut Elektabilitas Tak Jamin Bisa Nyapres: Ojo Kesusu

Leonard mengatakan masyarakat menyadari bahwa situasi saat ini memang sulit, tetapi pemerintah dilihat bekerja mencari solusi.

Dalam beberapa bulan terakhir pemerintah bertahan untuk menggelontorkan subsidi, yang diuntungkan dengan windfall komoditas di pasar global.

“Tetapi sinyalemen menunjukkan bahwa kenaikan harga komoditas mulai melandai, yang akan berpengaruh terhadap pemasukan APBN,” Leonard mewanti-wanti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved