Indonesia International Marathon 2022

Pelari Asing Ngaku Belum Dapat Hadiah IIM, KONI Pusat Langsung Beri Bantahan: Sudah Ditransfer

Permasalahan terkait adanya aduan dari pelari Austria Jack Ahearn yang belum mendapatkan hadiah juara IIM disanggah oleh KONI Pusat.

Editor: Wahyu Septiana
Tribunnews.com/Abdul Majid
Para peserta kategori full marathon dalam ajang Indonesia International Marathon (IIM) 2022 mulai berlari tepat pukul 04.30 WITA, di garis start, Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Minggu (26/6/2022) - Permasalahan terkait adanya aduan dari pelari Austria Jack Ahearn yang belum mendapatkan hadiah juara IIM disanggah oleh KONI Pusat. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Permasalahan terkait adanya aduan dari pelari Austria Jack Ahearn yang belum mendapatkan hadiah juara Indonesia International Marathon (IIM) disanggah oleh KONI Pusat.

Sekjen KONI Pusat, Lukman Djajadikusuma, memastikan pihaknya sudah dikirimkan pada tanggal 23 Agustus 2022.

Sebelumnya, Jack Ahearn dengan lantang bersuara lewat media sosial pribadinya bila hadiah juara Indonesia International Marathon (IIM) belum diterima.

Dalam hal ini, KONI Pusat telah memberikan dukungan dana untuk hadiah pemenang, yang mana telah disiapkan dan sudah disalurkan kepada para pemenang.

Jumlah hadiah yang ditetapkan oleh KONI Pusat, khususnya untuk pemenang asing/ Foreign Runners (yang mana sudah disalurkan kepada para pemenang), berbeda dengan nilai yang diumumkan oleh PT Tata Media Prima (TMP).

Dukungan maksimal diberikan KONI Pusat, pasca TMP melaporkan kepada KONI Pusat terkait kesulitan yang dihadapi TMP dalam hal pendanaan disebabkan mundurnya salah satu sponsor utama.

Baca juga: Orang Penting di Bali Ini Ikut Lomba IIM 2022, Rela Tempuh Jarak 21 Km hingga Ajak Istri Berlari

“Terkait masalah hadiah Foreign Runners marathon untuk pemenang atas nama Jack Ahearn yang masuk finis tercepat dengan waktu 3 jam, 30 menit, 48 detik sudah ditransfer sebesar Rp 47,5 juta rupiah ke rekening yang bersangkutan," kata Lukman Djajadikusuma dalam keterangan persnya, Selasa (30/8/2022).

"Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang disepakati (setelah dipotong pajak) seperti halnya dengan pemenang maraton lainnya, sebut saja Agus Prayogo yang finis tercepat maraton putra dengan waktu tempuh 2 jam, 36 menit, 16 detik sudah menerima hadiah Rp 112,25 juta," ujarnya.

Konferensi pers International Marathon (IIM) 2022, di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (24/6/2022).
Konferensi pers International Marathon (IIM) 2022, di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Jumat (24/6/2022). (Wartakota)

"Juga pelari maraton putri Odekta Naibaho yang finis dengan waktu 2 jam, 53 menit sudah menerima hadiah sebesar Rp 112,25 juta dan pelari-pelari juara lainnya. Semua hadiah yang dikirimkan kepada para pemenang sudah dipotong pajak,” papar Lukman Djajadikusuma.

Lukman memastikan pihaknya bakal menyelesaikan permasalahan tersebut ke pihak-pihak yang bersangkutan.

“KONI akan segera menyelesaikan masalah ini dengan pihak terkait, khususnya pihak penyelenggara, dalam hal ini PT Tata Media Prima,” lanjutnya.

“Sportivitas selalu kami junjung dan terapkan dalam hal apa pun, tanggung jawab atas kejadian yang ada ini, akan turut kami tangani. KONI tidak akan pernah melempar masalah tanggung jawab terkait masalah ini,” kata Sekjen KONI Pusat tersebut.

Diketahui, penyelenggaraan Indonesia International Marathon (IIM) sudah selesai digelar berkat kolaborasi antara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan PT Tata Media Prima/TMP (The Media Palace) pada Hari Minggu tanggal 26 Juni 2022.

Baca juga: Finish Tercepat IIM 2022, Agus Prayogo Atlet Lari Nasional Kelahiran Bogor Sulit Tempuh Kurang 2 Jam

Pelepasan pelari pertama, nomor full marathon dilakukan oleh Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman di depan Hotel Grand Inna Bali Beach.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved