Anies Baswedan Bahas Kerja Sama dengan Tokyo, Siswa hingga Kepala Sekolah Bakal Dikirim ke Jepang

Dalam pertemuan tersebut, Anies membahas potensi kerja sama antara Jakarta dan Tokyo, salah satunya di bidang pendidikan.

Tribun Jakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Gubernur Tokyo Yoriko Koike saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTW.COM, GAMBIR - Di tengah Forum Urban 20 (U20) Mayors Summit di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri melakukan pertemuan bilateral dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike.

Dalam pertemuan tersebut, Anies membahas potensi kerja sama antara Jakarta dan Tokyo, salah satunya di bidang pendidikan.

"Kami berbicara tentang potensinya pertukaran pendidikan yang sempat terhenti beberapa waktu dan akan kami aktifkan lagi," ucapnya, Selasa (30/8/2022) malam.

Lewat kerja sama ini, DKI nantinya akan mengirimkan SDM pendidikan ke Tokyo, begitu juga sebaliknya.

Tak hanya pertukaran siswa atau pelajar, kedua kota ini juga akan saling mengirimkan tenaga pendidik hingga kepala sekolah untuk belajar tenteng pengelolaan pendidikan.

Baca juga: Mau Bawa 3 Isu Perkotaan ke Forum Antar Negara G20, Anies Singgung Banyak Presiden Dulunya Gubernur

"Kami sama-sama komit mengirimkan siswa dari Tokyo ke Jakarta, mengirimkan guru dari Jakarta ke Tokyo, kepala sekolah dari Jakarta ke Tokyo dalam rangka belajar," ujarnya.

"Tadi kami sepakati dan akan kami eksekusi," sambungnya.

Anies bilang, kerja sama seperti ini sejatinya sudah terjalin sejak lama.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama delegasi U20 lainnya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022). 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama delegasi U20 lainnya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).  (Tribun Jakarta/Dionisius Arya Bima Suci)

Namun, program pertukaran SDM pendidikan itu sempat terhenti imbas pandemi Covid-19 yang melanda kedua kota tersebut.

Oleh sebab itu, kerja sama ini dibahas dan disepakati dalam pertemuan bilateral yang digelar di sela Forum U20 Mayors Summit 2022.

"Banyak pertukaran-pertukaran ini terhenti beberapa waktu ini, karena covid dan akan kami aktifkan lagi," kata Anies.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah Tokyo, sebelumnya Anies juga bertemu dengan Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb pada Senin (29/8/2022) kemarin.

Menurut rencana, pertemuan bilateral juga akan dilakukan bersama Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti pada Rabu (31/8/2022).

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved