Mau Bawa 3 Isu Perkotaan ke Forum Antar Negara G20, Anies Singgung Banyak Presiden Dulunya Gubernur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membawa tiga isu perkotaan ke forum internasional G20.

Tribun Jakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama delegasi U20 lainnya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTW.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membawa tiga isu perkotaan ke forum internasional G20.

Hal ini diungkapkan Gubernur Anies Baswedan usai menggelar konferensi tingkat tinggi (KTT) Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.

Isu pertama yang mau diangkat ialah terkait investasi di bidang kesehatan dan perumahaan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

"Dalam diskusi kami sampaikan pentingnya memanfaatkan recovery ini untuk melakukan kebijakan-kebijakan pembangunan yang lebih berkeadilan, yang lebih beri kesempatan yang setara bagi semua," ucapnya, Selasa (30/8/2022) malam.

Isu kedua yang disepakati dalam Forum U20 ialah soal adopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan di dalam pemanfaatan mobilitas penduduk dalam kawasan urban.

Baca juga: Bahas 3 Isu di U20 Mayors Summit, Gubernur Anies Baswedan Minta Dicarikan Solusinya

Terakhir ialah terkait pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan.

"Karena kita alami transformasi dan banyak kerjaan-kerjaan baru, banyak kebutuhan batu, skill di masa yang akan datang," ujarnya.

Selain itu, konferensi U20 juga membahas soal kenaikan harga energi, minyak bumi, hingga pangan yang turut dirasakan beberapa negara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan curhat soal pengalamannya jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja dalam Forum Internasional Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan curhat soal pengalamannya jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Kabinet Kerja dalam Forum Internasional Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. (TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI)

"Masalah tadi disampaikan karena penting bagi kita semua untuk mulai antisipasi dan disampaikan ke level G20," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved