Tak Bersepeda Setiap Hari Jumat, Pegawai Dishub DKI Jakarta Siap-siap Kena Sanksi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menegaskan bakal memberikan sanksi kepada anak buahnya yang tak bersepeda setiap hari Jumat.

Dok Sudin Kominfotik Jaksel
Sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan berjaga di jalur sepeda yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menegaskan bakal memberikan sanksi kepada anak buahnya yang tak bersepeda setiap hari Jumat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menegaskan bakal memberikan sanksi kepada anak buahnya yang tak bersepeda setiap hari Jumat.

Sebagai informasi, setiap Jumat seluruh pegawai baik kontrak maupun aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Dishub DKI diwajibkan berangkat kerja menggunakan sepeda.

Aturan ini tertuang dalam Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0031 tahun 2022.

"Setiap hari Jumat, seluruh pegawai Dinas Perhubungan wajib menggunakan sepeda ke kantor, baik sepeda sebagai moda transportadi utama maupun moda lanjutan," ucapnya di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menyebut, setiap Jumat tim khusus yang akan mengontrol penerapan dari instruksi 'Jumat Bersepeda' ini.

Baca juga: Jalur Sepeda Anies Sepi Peminat, Pegawai Dishub Wajib Lakukan Ini Tiap Jumat

Dengan demikian diharapkan seluruh pegawai Dishub DKI bisa menjalankan aturan itu dengan baik.

"Mereka wajib menggunakan sepeda dan kami melakukan kontrol dengan yang bersangkutan dilengkapi dengan laporan," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022). Syafrin mengumumkan Dishub DKI Jakarta segera mengeluarkan petunjuk teknis pemisahan penumpang pria dan wanita di angkot. 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/7/2022). Syafrin mengumumkan Dishub DKI Jakarta segera mengeluarkan petunjuk teknis pemisahan penumpang pria dan wanita di angkot.  (Tribunjakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Bagi pegawai yang rumahnya jauh dan tak memungkinkan untuk menggunakan sepeda, Syafrin menyebut, pegawai itu bisa ke kantor menggunakan angkutan umum.

Bila ada pegawai yang tak menjalankan instruksi ini, Syafrin menyebut, pihaknya tak akan segan memberikan sanksi.

"Tentu ini ada sanksi, karena ini instruksi dan ada disiplin pegawai," kata Syafrin.

Sebelumnya, jalur sepeda yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sejumlah ruas jalan ibu kota sepi peminat.

Bahkan, jalur sepeda permanen yang ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman lebih sering diserobot pemotor dibanding digunakan pesepeda.

Untuk mendorong penggunaan jalur sepeda yang sudah menelan anggaran miliaran rupiah ini beragam cara dilakukan Pemprov DKI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved