Target Bangun 195 Km Jalur Sepeda Sepanjang 2022, Kadishub DKI: Trennya Lagi Meningkat 

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menargetkan membangun 195 kilometer jalur sepeda sepanjang 2022 ini.

Dok Sudin Kominfotik Jaksel
Sejumlah petugas Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan berjaga di jalur sepeda yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menargetkan membangun 195 kilometer jalur sepeda sepanjang 2022 ini. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menargetkan membangun 195 kilometer jalur sepeda sepanjang 2022 ini.

Dengan demikian diharapkan pada akhir tahun mendatang sudah ada 300 kilometer jalur sepeda yang tersebar di sejumlah lokasi di ibu kota.

"Total saat ini sudah ada (jalur sepeda) sepanjang 114,5 km, tahun ini kami akan tambah 195 km, sehingga kita lebih kurang ada 300 km (jalur sepeda)," ucap Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo di Hotel Fairmont, Rabu (31/8/2022).

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menyebut, jalur sepeda terus dibangun lantaran tren masyarakat menggunakan sepeda diklaim semakin tinggi.

"Jadi kami terus melakukan penghitungan jumlah pesepeda dan terus ada peningkatan untuk pengguna sepeda," ujarnya.

Baca juga: Tak Bersepeda Setiap Hari Jumat, Pegawai Dishub DKI Jakarta Siap-siap Kena Sanksi

"Sekarang rata-rata (pengguna sepeda) audah di atas 3.000-an. Terakhir kemarin di bulan Agustus mencapai 4.000 sekian di hari kerja," sambungnya.

Untuk meningkatkan minat masyarakat bersepeda, Kepala Dishub DKI kemudian mengeluarkan aturan bagi jajarannya untuk bersepeda setiap Jumat.

Aturan itu tertuang dalam Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0031 tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2022)
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (6/6/2022) (Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Bagi jajaran Dishub DKI yang tak punya sepeda pun diminta untuk menggunakan angkutan umum menuju tempat kerjanya.

"Memang buat kami kenapa mengeluarkan instruksi? Itu sebagai trigger, harapannya instansi lain di lingkungan Pemprov jika melakukan hal yang sama," kata Syafrin.

Syafrin menambahkan, instruksi ini diterbitkan bertepatan dengan ulang tahun komunitas bike to work yang sudah berdiri sejak 2005 lalu.

Bagi pegawai Dishub DKI yang melanggar instruksi tersebut, Syafrin mengaku tak akan segan memberikan sanksi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved