Pilpres 2024

Tutup Pintu Anies Baswedan, Airlangga Hartarto Pastikan Golkar Bulat Usung Dirinya Capres

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini pun memastikan Golkar tak akan mengusung sosok lain selain dirinya, termasuk Anies Baswedan.

Istimewa
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Partai Golkar kekeh mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024.

Hal ini disampaikan sendiri oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022).

Ia pun menegaskan hal ini sesuai dengan keputusan internal partai berlambang pohon beringin itu sebelumnya.

"Kami kan sudah beres (memutuskan sosok capres 2024 yang mau diusung)," ucapnya kepada awak media.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini pun memastikan Golkar tak akan mengusung sosok lain selain dirinya, termasuk Anies Baswedan.

Baca juga: Survei Indometer: Prabowo, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Kuasai 3 Besar Bursa Capres 2024

Baca juga: Masuk Radar Capres 2024 PAN, Ridwan Kamil Pilih Fokus Jadi Gubernur Jabar: Saya Pilih Kerja Aja

Artinya, Golkar sudah menutup kemungkinan mengusung calon eksternal di luar partai, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kamu kan sudah (ambil) keputusan (sosok yang mau diusung ialah Airlangga)," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditanya terkait pengusungan sebagai calon presiden pada pemilu 2024 oleh 32 DPW Partai NasDem, Anies ditemui usai menghadiri Rakernas JATTI, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditanya terkait pengusungan sebagai calon presiden pada pemilu 2024 oleh 32 DPW Partai NasDem, Anies ditemui usai menghadiri Rakernas JATTI, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022). (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Dilansir dari Kompas.com, Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan, partainya akan mengusung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden (capres). Menurut dia, keputusan Golkar itu sudah final.

"Kita sudah putuskan Partai Golkar Pak Airlangga Hartarto sesuai keputusan rapat pimpinan di forum nasional, itu sudah final," ujar Bamsoet saat ditemui di Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Adapun Golkar akan bekerja sama pada Pilpres 2024 bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Selanjutnya, Bamsoet mengatakan, nantinya para ketua umum di KIB yang akan membahas mengenai kesepakatan capres dari KIB.

"Nah, itu tugas ketua umum untuk mengomunikasikan," tuturnya.

Baca juga: Pilihan Sulit M Taufik: Setia ke Prabowo atau Dukung Sohib Anies Baswedan yang jadi Capres 2024

Sebelumnya, tiga partai politik dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tampak sepaham terkait pencalonan presiden dan wakil presiden guna menghadapi Pemilu 2024.

Koalisi yang diiisi Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu belum menentukan siapa figur yang akan mengikuti pemilihan presiden (pilpres) mendatang.

Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam.
Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, di Rumah Heritage Sam Ratulangi, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam. (Istimewa)

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menyebutkan, pembahasan itu baru dilakukan setelah 17 Agustus 2022.

Meski begitu, ia mengeklaim komunikasi ketiganya kian intens belakangan ini.

“Namun, kita sepakat setiap kita pertemuan tidak harus selalu dipublikasi ke media, apalagi hal yang belum matang,” ungkap Arsul saat ditemui di kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (28/7/2022).

Meski belum sepakat tentang figur capres-cawapres KIB, masing-masing parpol di dalamnya masih kekeh mengajukan ketua umumnya masing-masing sebagai kandidat capres.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Berita Terkait :#Pilpres 2024
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved