Pelat Nomor Dinas TNI Palsu, Terkuak Siasat Jahat Pelaku Percobaan Penculikan Anak di Jakarta Timur

Pelaku penculikan anak ternyata mengggunakan pelat mobil dinas TNI Palsu demi memuluskan aksi mereka di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Mid-day.com
Ilustrasi penculikan anak. Pelaku penculikan anak ternyata mengggunakan pelat mobil dinas TNI Palsu demi memuluskan aksi mereka di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - TNI AU memastikan terduga pelaku penculikan anak di Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menggunakan pelat mobil dinas TNI palsu.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang mengatakan pelat dinas TNI dipastikan palsu setelah pelaku berikut barang bukti mobil diamankan.

Pelaku terduga penculikan anak yang merupakan pasangan suami istri berinisial S dan H diamankan personel Satuan Polisi Milter TNI AU (Satpomau) pada Kamis (1/9/2022).

"Satpomau juga mengamankan mobil APV Hitam yang dipasang plat nomor dinas Mabes TNI palsu yang digunakan pelaku saat menjalankan aksinya," kata Indan dalam keterangannya, Jumat (2/8/2022).

Setelah diamankan, pelaku berikut barang bukti mobil yang digunakan diserahkan Satpomau kepada jajaran Polsek Makasar, Polres Metro Jakarta Timur untuk proses lebih lanjut.

"Satpom Lanud Halim Perdanakusuma telah menyerahkan kedua pelaku beserta mobil yang digunakannya kepada aparat kepolisian pada tanggal 2 September 2022 pukul 02.30 WIB," ujar Indan.

Sebelumnya, dalam video yang beredar, tampak pelaku menggunakan mobil berwarna hitam berplat merah mengajak sejumlah siswi dengan dalih menawarkan tumpangan pulang ke rumah.

Kapolsek Makasar Kompol Zaini Abdillah Zainuri saat memberi keterangan tentang kasus dugaan percobaan penculikan siswi SMP yang terjadi di komplek Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/9/2022).
Kapolsek Makasar Kompol Zaini Abdillah Zainuri saat memberi keterangan tentang kasus dugaan percobaan penculikan siswi SMP yang terjadi di komplek Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/9/2022). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Kapolsek Makasar Kompol Zaini Abdillah Zainuri mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara para pelaku mengincar siswi perempuan yang baru pulang sekolah dan sedang menunggu angkot.

"TKP-nya di Lanud, di kompleks Halim. Jadi ketika diamankan pertama oleh POM AU (Polisi Militer Angkatan Udara), setelah itu baru diserahkan ke kita," tutur Zaini.

Berdasar hasil pemeriksaan sementara terhadap pelaku siswi yang menjadi korban percobaan penculikan pelaku ada lebih dari satu orang, namun motifnya belum diketahui.

Lantaran kasus melibatkan anak, Unit Reskrim Polsek Makasar melimpahkan para pelaku berikut mobil ke Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur.

"Tujuannya belum tahu kan langsung kita serahkan ke unit PPA. Mobilnya belum tahu itu milik pelaku nanti ditanya ke unit PPA. Pelaku sipil," lanjut Zaini.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved