Terbungkus Kain, Begini Penampakan Rangkaian Pertama Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Tanjung Priok

Rangkaian pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022). Begini penampakannya.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Rangkaian pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Rangkaian pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022).

Satu rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) yang berisi delapan gerbong kereta itu tiba hari ini setelah diberangkatkan dari Pelabuhan Qingdao, Tiongkok, sejak 22 Agustus 2022 silam.

Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com, setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, petugas langsung melakukan penurunan gerbong pertama ke dermaga.

Gerbong yang diturunkan pertama ini ialah bagian kepala dari rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Rangkaian pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022).
Rangkaian pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022). (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

Dari geladak kapal kargo Cosco Shipping, gerbong bagian kepala Kereta Cepat Jakarta-Bandung diturunkan ke dermaga menggunakan crane.

Tampak gerbong bagian kepala kereta cepat ini berbentuk agak lancip di salah satu sisinya.

Pada saat diturunkan dari geladak kapal, gerbong tersebut masih terbungkus kain yang bertuliskan "The First High Speed Railway in Indonesia".

Secara perlahan, bagian kepala kereta cepat itu diturunkan ke sambungan truk trailer untuk kemudian digeser memberikan ruang bagi gerbong selanjutnya.

Prosesi penurunan gerbong bagian kepala kereta cepat tersebut disaksikan langsung beberapa pejabat, misalnya Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo, dan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.

"Hari ini saya bersama Pak Didi selaku Dirut KAI dan Pak Dwiyana Dirut KCIC menerima pengiriman unit CIT, kereta testing dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung, jadi ini unit pertama," kata Kartika.

Kartika menjelaskan, pengiriman unit kereta cepat akan berjalan selama empat batch.

Untuk batch pertama ini, ada dua trainset alias rangkaian yang terdiri dari 16 gerbong kereta cepat dan satu rangkaian kereta inpeksi.

"Ini adalah batch pertama akan segera kita kirim ke Tegalluar, kita bersyukur kereta ini sudah jadi dan unit-unit lainnya menunggu di China, segera dikirim," ucap dia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved