Rekam Jejak Achmad Izzul Waro: Bekas Orang Kepercayaan Anies yang Kini Dipecat dari Transjakarta

Achmad Izzul Waro jadi salah satu jajaran direksi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang dicopot Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

RYANA ARYADITA UMASUGI/Kompas.com
Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro di Balairung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Achmad Izzul Waro jadi salah satu jajaran direksi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang dicopot Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta sejak 2018 lalu.

Sebagai informasi, Izzul Waro merupakan salah satu tangan kanan Gubernur Anies Baswedan.

Bahkan, Izzul turut ambil bagian dalam tim sukses (timses) Anies-Sandi saat kampanye Pilkada DKI 2017 lalu.

Saat itu, dirinya menjadi salah satu tim pakar Anies-Sandi di bidang transportasi.

Baca juga: Jelang Lengser, Anies Baswedan Tiba-tiba Rombak Jajaran Direksi Transjakarta: Posisi Penting Diganti

Setelah duet Anies-Sandi berhasil menang Pilkada DKI 2017 silam, Izzul kemudian diajak untuk bergabung dalam Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Selang setahun kemudian, Izzul pun diangkat Anies jadi Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro seusai jumpa pers, di lantai 5, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019)
Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro seusai jumpa pers, di lantai 5, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019) (KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Setelah kurang lebih empat tahun menjabat sebagai Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta, Izzul akhirnya digantikan oleh Lies Permana Lestari.

Selain Izzul, Direktur Keuangan dan Perencanaan Korporasi Transjakarta Welfizon Yuza juga digantikan oleh Saidu Solihin.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta Fitria Rahadiani memastikan, pergantian direksi Transjakarta ini sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Pemprov DKI sebagai pemegang saham mayoritas dan PT Jakarta Propertindo sebagai pemegang saham minoritas mempunyai kewenangan dalam memutuskan pengangkatan dan pemberhentian Direktur dan Komisaris Perseroan," ucapnya, Senin (5/9/2022).

Buntut Rentetan Kecelakaan Tj, Kapasitas Izzul Diragukan DPRD DKI

Baca juga: 13 Halte Transjakarta Ditutup Sementara Terkait Revitalisasi Tahap Dua, Simak Rincian Lengkapnya!

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak merasa ragu dengan kapabilitas yang dimiliki Direktur Pelayanan Transjakarta Achmad Izzul Waro.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved