Emak-emak Petugas Sosial Ceramahi Pengamen di Menteng: Di Agama Dilarang Tahu

Ada lima kelurahan di Kecamatan Menteng yang menjadi sasaran penertiban PMKS lantaran kerap berkeliaran dan mengganggu kenyamanan warga. 

TRIBUNJAKARTA.COM/Satrio Sarwo Trengginas
Kasatpel Sosial Kecamatan Menteng, Riza, memperingatkan para pengamen saat penertiban PMKS di tepi Jalan Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (7/9/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Petugas Satpel Kecamatan Menteng kembali melakukan penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayahnya, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/9/2022) malam.

Tampak emak-emak dari Satpel Sosial Kecamatan Menteng mendatangi dan menceramahi pengamen yang tengah memainkan gitar di dekat warung makan pinggir Jalan Sabang.

Emak-emak itu adalah Kasatpel Sosial Kecamatan Menteng, Harmani Riza.

Ia memperingatkan para pengamen itu agar tidak lagi mengamen di tempat tersebut.

"Maaf ya, ada persatuan lapak di sini yang merasa keberatan karena (kegiatan mengamen) mengganggu orang yang sedang makan. Besok enggak ada lagi di sini ya! Aku besok razia lagi," ujar Harmani kepada para pengamen itu.

Salah satu pengamen kemudian mencoba menerangkan bahwa mereka diizinkan mengamen dari sebuah komunitas pengamen.

Baca juga: Aksi Adu Sprint Pengamen Topeng Badut Saat Razia di Menteng, Kelabui Petugas Pakai Ini

Namun, Riza tetap bersikukuh bahwa mereka tetap melanggar aturan.

"Sekarang komunitas sudah dibubarkan, kecuali ada tempat, tapi tidak di jalan. Hanya bisa di satu tempat saja," tandasnya.

Kasatpel Sosial Kecamatan Menteng, Harmani Riza, memperingatkan para pengamen saat penertiban PMKS di tepi Jalan Sabang, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (7/9/2022).
Kasatpel Sosial Kecamatan Menteng, Harmani Riza, memperingatkan para pengamen saat penertiban PMKS di tepi Jalan Sabang, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (7/9/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/Satrio Sarwo Trengginas)

Emak-emak berkerudung itu kemudian menasehati para pengamen tersebut.

"Di agama juga dilarang tahu. Oke, terserah mau ketawa atau mau apa. Besok, gue razia lagi. Lihat aja, atau sekarang mau ikut?" tambahnya.

Para pengamen jalanan itu pun terlihat menuruti imbauan Riza.

Sementara itu, Wakil Camat Menteng, Agung Maulana, mengatakan penindakan PMKS ini rutin dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya.

Ada lima kelurahan di Kecamatan Menteng yang menjadi sasaran penertiban PMKS lantaran kerap berkeliaran dan mengganggu kenyamanan warga. 

"Kegiatan ini sudah jadi kewajiban kita untuk menjaga kondisi wilayah biar warga nyaman," tambahnya.

Baca juga: Ibu di Jepara Mengemis Demi Bayar Cicilan Totoya Avanza, Kini Sudah Lunas Berkat Belas Kasihan Orang

Sekitar 50-an personel gabungan terlibat dalam penertiban itu.

Agus pun mengimbau masyarakat untuk menyisihkan uangnya ke Badan Amil Zakat Nasional Provinsi DKI Jakarta karena bantuannya lebih bermanfaat.

 

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved