BRINS Beri Literasi Ke Pelaku UMKM di Manado Peringati Hari Asuransi

BRINS menggelar kegiatan literasi asuransi kepada para pelaku UMKM di Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (7/9/2022).

Istimewa
BRINS menggelar kegiatan literasi asuransi kepada para pelaku UMKM di Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance (BRINS) bersama Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan PT PNM menggelar kegiatan literasi asuransi kepada para pelaku UMKM di Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (7/9/2022).

Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Asuransi

Pimpinan Cabang BRINS Manado Tulus Wibowo menyampaikan literasi terkait asuransi yang dapat dijangkau masyarakat untuk memproteksi usaha mereka.

“Melalui kegiatan ini menjadi cara BRINS untuk mensosialisasikan asuransi mikro yang dapat melindungi para pelaku UMKM," kata Tulus dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Tema yang diangkat Literasi Asuransi Untuk Negri ‘Kenali, Pahami, Miliki’.

Selain Tulus, hadir pula Agus Suyudi Manager Bisnis PT PNM, dan Rio Darante Wakil Ketua 1 Panitia Hari Asuransi 2022 dari DAI.

Baca juga: Ternyata Ada Loh Asuransi untuk Pekerja Harian Lepas, Simak Detailnya di Sini!

Dalam kegiatan tersebut ada materi terkait pentingnya asuransi untuk mengcover kerugian usaha yang nantinya akan muncul sewaktu waktu, disertakan kuis dan pemberian sembako kepada peserta.

Rio Darante menyampaikan program ini merupakan rangkaian acara dalam menunjang Hari Asuransi dalam setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 18 oktober 2022 dan acara festival puncaknya tanggal 20 Oktober 2022 di Jakarta.

Rangkaian acara ini terdapat 11 titik kota besar di Indonesia. Tema yang dipilih untuk 2022 Literasi Asuransi Untuk Negeri "Kenali, Pahami dan Miliki"
dengan maksud untuk memahami risiko dan memahami produk-produk asuransi.

Tema ini dipilih karena mengacu data dari Pemerintah, Literasi di Masyarakat baru sekitar 3 persen jadi 97 persen masyarakat tidak paham akan asuransi dan ini terbilang sangat rendah dibanding pemahaman dengan Bank daripada produk asuransi.

Baca juga: Gencar Perluas Pasar, BRINS Raih Insurance Market Leader 2022

Akibat rendahnya pemahaman asuransi di masyarakat akibatnya ketika membeli suatu produk banyak kesalahpahaman terutama ketika terjadi suatu klaim, hal ini menjadi fokus DAI dan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ingin meningkatkan secara cepat tingkat pendidikan mengenai asuransi.

Tulus juga menerangkan bahwa saat ini pelaku UMKM dapat melindungi usahanya melalui Asuransi Mikro yang dimiliki BRINS, salah satunya Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha dan Asuransi Mikro Rumahku dengan premi mulai dari 40 ribu rupiah pertahun, dan pelaku UMKM dapat mendapatkan santunan hingga 20 juta rupiah jika sewaktu-waktu ada risiko yang menimpa usahanya.

“Harapannya kepada peserta yang hadir dalam literasi tersebut agar lebih sadar terkait resiko usahanya dan mulai memproteksi usahanya,” kata Tulus.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved