Siap-siap Jakarta Diguyur Hujan Lebat Hingga 16 September 2022, Warga Wajib Waspada

BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem dalam rentan waktu satu pekan. Warga wajib waspada hujan lebat.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Permukiman warga Kebon Pala yang terendam banjir luapan Kali Ciliwung, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (30/8/2022). BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem dalam rentan waktu satu pekan. Warga wajib waspada hujan lebat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem dalam rentan waktu satu pekan.

Hal ini pun telah diunggah via Instagram @bpbddkijakarta guna menindaklanjuti pontensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia, termasuk di DKI Jakarta selama tanggal 10-16 September 2022 mendatang.

"Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia," tulis BPBD DKI Jakarta yang dikutip Minggu (11/9/2022).

Kondisi ini dijelaskan lantaran dipicu oleh peningkatan aktifitas dinamika atmosfer seperti aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) yang saat ini berada pada fase 3 di sekitar Samudera Hindia dan menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Kemudian diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah, adanya pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Baca juga: Daftar Sejumlah Wilayah Banjir di Tangerang Imbas Hujan Deras Semalam, Tinggi Air Capai 80 Cm

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Sabtu 10 September 2022: Wilayah Ini Hujan Pagi dan Siang Hari

"Mengamati potensi tersebut, BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta gelombang tinggi. Potensi HUJAN LEBAT diprediksi terjadi di wilayah DKI Jakarta," tulisnya.

Berangkat dari hal ini, masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan lain sebagainya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved