BP2MI Lepas Ribuan Calon Pekerja Migran Indonesia ke Tiga Negara

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas keberangkatan sebanyak 2.680 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) pada Senin (12/9/2022).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pelepasan CPMI di GOR Popki, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022). Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas keberangkatan sebanyak 2.680 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) pada Senin (12/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melepas keberangkatan sebanyak 2.680 calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) pada Senin (12/9/2022).

Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan ribuan CPMI yang dilepas di GOR Popki, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur akan bekerja di Korea Selatan, Taiwan, dan Malaysia.

Yakni 1.711 CPMI Korea Selatan yang mengikuti pembekalan atau Preliminary Education, 530 PMI dilepas ke Korea Selatan, 313 PMI dilepas ke Taiwan, serta 126 PMI diberangkatkan ke Malaysia.

Dalam pelepasan tersebut Benny, Staf Khusus Wakil Presiden RI, Arif Rahman, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir hadir memberikan pembekalan kepada CPMI.

"Acara besar hari ini bukti bagaimana sinergi, kolaborasi dibangun. Dan tentu tata kelola penempatan pelindungan PMI tidak bisa dilakukan BP2MI sendiri," kata Benny di GOR Popki, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Kemnaker Diminta Usut Penempatan Ilegal 250 PMI yang Diberangkatkan ke Inggris

Menurutnya perlu kerja sama untuk memastikan keselamatan para pahlawan devisa yang bekerja di luar negeri tersebut, sehingga tidak ada lagi kasus PMI menjadi korban kekerasan.

Para PMI juga diimbau dapat beradaptasi dengan budaya di negara tempat kerja asalnya, dan bila terjadi insiden segera melaporkan kepada perwakilan pemerintah Indonesia.

"Sistem kita perbaiki, berbagai regulasi kita benahi. Yang sudah kita keluarkan, yang sedang dirumuskan. Kemudianberbagai bentuk fasilitas layanan, semua disiapkan kepada para PMI," ujar Benny.

Pelepasan CPMI di GOR Popki, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022).
Pelepasan CPMI di GOR Popki, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Sementara, Menteri BUMN Erick Tohir menyampaikan apresiasi terhadap perubahan regulasi yang dilakukan BP2MI untuk memastikan keselamatan para PMI selama bekerja.

Dia mencontohkan Korea Selatan dan Taiwan yang sudah memperbaiki sistem kerjanya agar menghormati dan revisi kenaikan gaji, hal ini diharapkan juga dilakukan oleh negara lain.

"Saya sangat mendorong pak Benny menyampaikan ke semua negara yang mau bekerjasama dengan bangsa Indonesia dalam membuka lapangan pekerjaan," tutur Erick.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved