Pahit Kisah Rufina Jadi Pekerja Migran di Abu Dhabi, Disiksa Cambuk hingga Kabur Lompat Pagar

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penipuan.

Istimewa
BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penipuan asal Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (11/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penipuan.

Korban adalah Rufina Purnawati (22) yang sudah sampai ke daerah asalnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (11/9/2022).

PMI Rufina dipulangkan menggunakan maskapai Batik Air ID 6522 rute Jakarta-Labuan Bajo, dan tiba di Bandar Udara Internasional Komodo. 

Berdasarkan keterangan, Yusuf selaku Staff Divisi Bantuan Hukum Migrant Care mengatakan, Rufina awalnya ditawarkan pekerjaan di negara Uni Emirate Arab

Ia dapat tawaran oleh pihak sponsor yang dikenalnya melalui facebook.

"Rufina dijanjikan bekerja pada salah satu hotel di Abu Dhabi dengan gaji yang besar. Namun, sesampainya di sana, ia dipekerjakan sebagai Asisten Rumah Tangga (ART)," ucap Yusuf, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Tiap Tahun Bayar Rp2 Miliar ke RS Polri, BP2MI Minta Pemerintah Bangun Pusdiklat Bagi Pekerja Migran

Saat sampai di Abu Dhabi, Rufina dijemput oleh Pihak agensi dan dibawa ke penampungan.

Selama bekerja di sana, alat komunikasinya disita dan dirinya sering dimarahi juga tidak diberikan jam kerja yang menentu oleh majikan.

"Rufina juga sempat dipindahkan agensi bekerja dengan seorang majikan di Bangladesh. Di sana Rufina tetap dipaksa bekerja oleh majikannya dalam kondisi sakit hingga dicambuk menggunakan selang sebanyak 50 kali," papar Arina, Staff Divisi Bantuan Hukum Migrant Care.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved