Pilpres 2024

4 Tokoh Ini Dianggap Punya Visi Ekonomi Untuk Jadi Capres 2024, Siapa Lebih Unggul?

Empat tokoh memiliki visi ekonomi untuk maju di Pilpres 2024. Ini kata ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi.

TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi (kanan) dan Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Komunikasi Politik Paramadina, Hendri Satrio (kiri) dalam acara diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, TEBET - Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy, Fithra Faisal Hastiadi, menilai terdapat empat tokoh yang memiliki visi ekonomi untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Keempatnya yaitu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartarto, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan Fithra dalam acara diskusi di salah satu restoran di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Empat ini saya rasa mampu untuk menjawab tantangan-tantangan (ekonomi) ke depan. Cuma kan kita harus mengkombinasikan pemahaman dengan konteks grassroot-nya mendukung atau tidak," kata Fithra di lokasi.

Dari keempat tokoh tersebut, Fithra meyakini Sandiaga Uno memiliki keunggulan.

Baca juga: Hasil Survei Voxpopuli: Elektabilitas Prabowo, Anies Baswedan & Puan Menanjak, Ganjar Pranowo Stabil

"Di antara empat ini, Sandiaga Uno yang paling mencorong," ujar dia.

Menurutnya, Sandiaga Uno dianggap mampu menjawab tantangan ekonomi di masa mendatang. Tak terkecuali terkait masalah pengangguran dan stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Sekali lagi kalau kita melihat dari sisi dominasi pemahaman dan juga dari sisi apa yang sudah selama ini dikerjakan, sosok Sandiaga Uno ini lebih banyak bekerja di sisi itu (pemulihan ekonomi)," ujar Fithra.

Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Komunikasi Politik Paramadina, Hendri Satrio, diwawancarai seusai acara diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).
Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Komunikasi Politik Paramadina, Hendri Satrio, diwawancarai seusai acara diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

"Artinya kita ingin mendongkrak perekonomian dan produktivitas yang mana itu bisa me-leverage (memberikan manfaat) perekonomian di masa depan," tambahnya.

Sementara itu, Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Komunikasi Politik Paramadina, Hendri Satrio, memiliki pandangan berbeda.

Baca juga: Survei Indometer: Publik Puas Kerja Keras Presiden Jokowi Atasi Inflasi

Ia menilai Menteri Keuangan RI Sri Mulyani merupakan sosok capres potensial dalam Pilpres 2024.

"Saya harus sebut Sri Mulyani, kenapa? Ya dia Menteri Keuangan, tapi dia menteri dua presiden," tutur Hendri.

Selain itu, sambungnya, sebuah hasil survei menunjukkan bahwa pemimpin perempuan dianggap lebih bisa mengatasi persoalan konkret.

"Jadi nama Puan (Maharani), Susi (Pudjiastuti), Sri Mulyani itu diunggulkan untuk bisa mengatasi masalah harga-harga mahal itu," kata Hendri.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved