Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Anies Baswedan Ogah Komentari Sekda Marullah Matali yang Direkomendasikan Jadi Pj Gubernur DKI

Sekda DKI Marullah Matali kerap disebut sebagai calon yang cocok untuk menjadi pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bisa tersenyum saat menanggapi aksi hacker Bjorka membocorkan data pribadinya, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Nama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali kerap disebut sebagai calon yang cocok untuk menjadi pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bahkan, namanya diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta sebagai penjabat (Pj) Gubernur.

Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun ikut buka suara.

Alih-alih mengomentari sosok Marullah Matali, Anies justru berbicara tentang sistem.

"Gini, ini adalah sebuah proses demokrasi, kita mempercayakan kepada rakyat, dan hal ini karena masanya transisi maka ditentukan oleh pemerintah pusat. Kita percayakan pada proses. Jadi ini bukan selera pejabat sebelumnya, tapi ini soal proses yang dihormati," ucapnya di Gedung DPRD DKI, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Ketua DPRD DKI: Marullah Matali Harus Mundur dari Sekda Bila Terpilih Pj Guberbur

Orang nomor satu di DKI ini juga enggan untuk memberikan pesan kepada Marullah.

Ia hanya menyampaikan untuk menghormati keputusan yang dibuat pemerintah pusat ketika mengumumkan pengganti dirinya.

"Jadi menurut saya sebagai pejabat yang selesai, sampaikan bahwa ini semua sudah diselesaikan.  Kewenangan ada pada pejabat yang berikutnya, di situ penghormatan kita pada sistem. Jadi bukan malah saya nitip pesan a, b, c, d, e, f, g, biarlah pesan itu lewat institusi," pungkasnya.

DPRD DKI Usulkan Heru, Marullah, dan Bahtiar

Sebelumnya diberitakan, DPRD DKI Jakarta menetapkan tiga nama yang akan diusulkan sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan.

Ketiga nama itu ialah Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali.

"Jadi nama yang tersaring, pertama Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar," ucap Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab), Selasa (13/9/2022).

Suasana rapimgab penetapan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022).
Suasana rapimgab penetapan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan di DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). (Dionisius Arya Bima suci / TribunJakarta.com)

Adapun penetapan tiga nama ini dilakukan dengan melibatkan semua fraksi di DPRD DKI Jakarta dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) yang digelar siang ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved