Ratusan Botol Miras, HP Mewah hingga Sex Toys Ilegal Rp 6,5 Miliar Dimusnahkan di Bandara Soetta

Terdata ada 315 handphone, sarang burung walet seberat 60 kilogram, hasil pengelolaan tembakau lainnya atau vape, liquid vape juga dimusnahkan.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan 573 botol miras berbagai merek impor ilegal, handphone mewah hingga alat bantu seks (sex toys) pada Selasa (13/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan 573 botol minuman keras (miras) berbagai merek impor pada Selasa (13/9/2022).

Ratusan botol minuman keras tersebut dihancurkan tanpa sisa di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Dari pantauan TribunJakarta.com, miras yang datang dari berbagai belahan dunia itu dimusnahkan dengan cara dituangkan ke dalam tong (drum).

Kemudian dicampur menggunakan cairan pembersih lantai, dan dibuang ke saluran limbah. 

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta, Finari Manan mengatakan, ratusan barang ilegal itu diamankan petugas sejak Januari 2021 sampai Mei 2022.

Tidak hanya impor, banyak juga minuman keras tersebut yang hendak dikirim ke luar negeri alias ekspor.

"Untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang yang dilarang atau dibatasi impornya," jelas Finari di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (13/8/2022).

Baca juga: Bea Cukai Banten Ungkap 743 Kasus Pelanggaran Kepabeanan selama 6 Bulan, Kerugian Negara Rp 31,5 M

Tidak hanya miras, terdapat pula ratusan handphone mewah dari berbagai merek dan air softgun yang dihancurkan.

Barang yang dilarang atau dibatasi pemasukan atau pengeluarannya tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin pemotong.

Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan 573 botol miras berbagai merek impor ilegal, handphone mewah hingga alat bantu seks (sex toys) pada Selasa (13/9/2022).
Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno-Hatta memusnahkan 573 botol miras berbagai merek impor ilegal, handphone mewah hingga alat bantu seks (sex toys) pada Selasa (13/9/2022). (TribunJakarta.com/Ega Alfreda)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved