Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Dibanding Marullah & Bahtiar, PSI Pilih Dukung Tangan Kanan Jokowi Jadi Pj Gubernur Pengganti Anies

PSI menjagokan Heru Budi Hartono untuk mengisi posisi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan.

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Heru Budi Hartono, Bahtiar dan Marulla Matali. PSI menjagokan Heru Budi Hartono untuk mengisi posisi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjagokan Heru Budi Hartono untuk mengisi posisi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan.

Sebagai informasi, Heru bersama dua nama lain, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar bakal diusulkan DPRD DKI ke Kemendagri sebagai Pj Gubernur DKI.

"Sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian penuh kami terhadap Provinsi DKI Jakarta. Kami mendukung penuh Heru Budi Hartono sebagai calon Pj Gubernur yang diusulkan dari Fraksi PSI," ucap Ketua DPW PSI DKI Michael Victor Sianipar dalam keterangan tertulis, Rabu (14/9/2022).

Pada rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) DPRD yang digelar Selasa kemarin, PSI mengusulkan tiga nama, yaitu Heru, Marullah, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro.

“Kami ikuti aturan Rapimgab. Kalau memang harus tulis tiga nama, kami tetap tulis tiga nama. Tapi perlu saya pertegas bahwa dukungan PSI sepenuhnya untuk Pak Heru. Bagi kami, Pak Heru harga mati untuk memimpin DKI Jakarta dari pilihan yang ada,” ujarnya.

Baca juga: Tanggapi Sinis Usul PSI Bentuk Pansel Pj Gubernur DKI Pengganti Anies, M Taufik: Bikin Ribet Aja!

Politikus muda ini pun membeberkan tiga alasan utama PSI mati-matian dukun Heru sebagai Pj Gubernur menggantikan Anies Baswedan.

Pertama, Heru punya segudang pengalaman di ibu kota lantaran pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Biodata Heru Budi Hartono, Sosok yang Disebut PDIP akan Gantikan Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta.
Biodata Heru Budi Hartono, Sosok yang  akan Gantikan Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Kompas.com/Alsadad Rudi)

"Pak Heru sangat memahami seluk beluk problema DKI Jakarta, mampu mengelola anggaran agar tepat sasaran," kata dia.

Kemudian dengan latar belakang jabatan sebagai Kepala Sekretariat Presiden, Heru dinilai sebagai pilihan paling tepat untuk mengoptimalkan sinergi dengan pemerintah pusat.

Pasalnya, Jakarta selama ini dinilai kesulitan memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) karena lemahnya sinergitas dengan pemerintah pusat.

"Pak Heru orang yang sangat dan paling dipercaya Presiden Jokowi bahkan sejak Pak Jokowi di Jakarta. Sebagai Kasetpres, Pak Heru tahu seluruh jadwal kegiatan Presiden, paham prioritas Presiden, dan hafal betul visi dan pemikiran Presiden," tuturnya.

Heru diharapkan dapat mengoptimalkan sumber daya dan jaringan pemerintah pusat untuk pembangunan Jakarta.

Baca juga: Jangan Sekonyong-konyong, Demokrat Pastikan Pengumuman Pemberhentian Anies-Ariza Sesuai Regulasi

Menurut PSI Jakarta, ini adalah kesempatan unik dalam sejarah di mana Presiden dan Gubernur Jakarta benar-benar dapat selaras.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved