Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Karier Moncer Marullah Matali: Ditunjuk Presiden Jokowi Jadi Sekda, Kini Calon Kuat Pengganti Anies

Karier Marullah Matali sebagai birokrat di lingkungan Pemprov DKI terbilang moncer. Ditunjuk Jokowi jadi Sekda, kini calon kuat pengganti Anies.

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Sekda DKI Jakarta Marullah Matali. Karier Marullah Matali sebagai birokrat di lingkungan Pemprov DKI terbilang moncer. Ditunjuk Jokowi jadi Sekda, kini calon kuat pengganti Anies, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNJAKARTA.COM , JAKARTA - Karier Marullah Matali sebagai birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta terbilang moncer.

Ayah dua anak ini sempat menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Selatan sebelum menggantikan Saefullah pada posisi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Presiden Joko Widodo lah yang menunjuk Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta pengganti Saefullah yang meninggal akibat Covid-19.

Pria yang lahir 27 November 1965 itu telah mendedikasikan hidupnya sebagai seorang birokrat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta sejak tahun 1996.

Kini, Marullah Matali merupakan calon kuat pengganti Anies Baswedan.

Baca juga: Anies Baswedan Kandidat Terkuat Capres 2024, Pengamat Ungkap Faktor yang Kalahkan Prabowo dan Ganjar

Namanya muncul bersama Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Ketiganya diusulkan DPRD DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri untuk menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Tempo hari, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan penunjukkan Marullah Matali merupakan kewenangan penuh dari Presiden Jokowi.

Sekda DKI Marullah Matali saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/9/2021).
Sekda DKI Marullah Matali saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/9/2021). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

Anies Baswedan bersama jajarannya tidak bisa mengintervensi keputusan Jokowi itu.

"Kami akan menerima apa pun keputusan dari pemerintah pusat dan memastikan proses dan kinerja, program-program ke depan bersama gubernur dan sekda berjalan baik," kata pria yang akrab disapa Ariza itu, Senin (18/1/2021).

Marullah Matali menyisihkan sejumlah nama yang juga mengikuti proses seleksi Sekda DKI secara terbuka.

Baca juga: Terkuak Selera Motor 3 Calon Pengganti Anies Baswedan: Dari Moge, Scooter Hingga Bebek

Marullah ditunjuk sebagai Sekda DKI oleh Presiden Joko Widodo setelah mengungguli dua pesaingnya, yaitu Penjabat (Pj) Sekda Sri Haryati dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Beberapa pejabat yang ikut seleksi antara lain Yusmada Faizal (Asisten Pembangunan Setda DKI); Andri Yansyah (Kepala Disnakertrans dan Energi).

Kemudian, Dhany Sukma (Kepala Dukcapil DKI); Faisal Syafruddin (Kepala BP BUMD DKI); Bayu Meghantara (Anggota TGUPP); Edi Sumantri (Kepala BPKD DKI); dan Arifin (Kepala Satpol PP).

Inilah sosok Marullah Matali yang santer jadi calon pengganti Anies Baswedan sebagai Penjabat Gubernur (Pj) di DKI Jakarta.
Inilah sosok Marullah Matali yang santer jadi calon pengganti Anies Baswedan sebagai Penjabat Gubernur (Pj) di DKI Jakarta. (Kolase Tribun Jakarta)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved