Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Pernah Debat Argumen Anies Soal Banjir, Heru Budi Hartono Punya Kans Besar Jadi Pj Gubernur DKI

Kasetpres Heru Budi Hartono dan Gubernur DKI Anies Baswedan ternyata pernah adu argumen soal banjir di Kemayoran. Kini Budi berpeluang gantikan Anies.

Kolase Foto TribunJakarta
Kolase Foto Kasetpres Heru Budi Hartono, underpass Kemayoran dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Heru Budi Hartono dan Anies Baswedan ternyata pernah adu argumen soal banjir di Kemayoran. Kini Budi berpeluang gantikan Anies. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono ternyata pernah debat argumen dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait persoalan banjir.

Kini, Heru Budi Hartono berpeluang besar menggantikan Anies Baswedan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Pasalnya, nama Heru Budi Hartono termasuk dalam tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menggantikan Anies Baswedan.

Sedangkan, adu argumen Heru Budi Hartono dengan Anies Baswedan terkait persoalan banjir di underpass Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat 24 Januari 2020 silam.

Saat itu, Heru menilai Pemprov DKI Jakarta seharusnya bertanggung jawab menanggulangi banjir di wilayah tersebut.

Baca juga: Soal Pj Gubernur DKI, Anggota DPRD DKI Kenneth: Kasetpers Heru Budi Kuasai Jakarta dan Nasional

“Setiap pembangunan di Kemayoran termasuk yang harus ada Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan dan Peraturan Zonasi yang memang berada dibawah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta."

"Jadi kalau ada banjir harus mencari dulu kewenangan siapa?” tanya Heru melalui keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (26/1/2020), dikutip dari Kompas.com.

Heru juga memiliki pendapat berbeda terkait pernyataan Anies Baswedan yang menyebutkan banjir di Kemayoran merupakan kewenangan dari Kemensetneg.

Petugas dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta sedang berada di underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 10.22 WIB, Senin (3/2/2020).
Petugas dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta sedang berada di underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 10.22 WIB, Senin (3/2/2020). (TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat)

Pemprov DKI Jakarta, kata Heru, juga memiliki tanggungjawab tidak hanya sekadar membantu.

"Jangan hanya karena ada areal yang kewenangannya ada di Sekretariat Negara, jadi Pemprov DKI hanya membantu."

"Memang sepatutnya menjadi tanggung jawab Pemprov DKI bukan hanya sekedar membantu,” ungkapnya.

Baca juga: Diminta Bubar Karena Rugikan Pembangunan Jakarta, TGUPP Bicara Singgung Pengganti Anies Baswedan

Menurutnya, seluruh wilayah Jakarta merupakan tanggung jawab dari Pemprov DKI Jakarta, termasuk mengatasi banjir di area Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta, kata Heru, hanya ada Dinas Pekerjaan Umum yang bertugas menangani infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan tata air.

Namun, tugasnya cukup berat sehingga dibentuklah Dinas Sumber Daya Air (DSDA).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono (taufik/tribunnews.com)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved