Selama 2 Tahun, Ribuan Pekerja Migran Ilegal Pulang Terbungkus Kain Kafan, Terkuak Penyebabnya

Ribuan PMI ilegal pulang ke Indonesia dalam keadaan tak bernyawa selama dua tahun. Terkuak penyebabnya.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia(BP2MI), Benny Rhamdani saat ditemui wartawan di Bandara Soekarno-Hatta dalam acara Focus Group Discussion PMI Merdeka Dari Sindikat Ilegal di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (14/9/2022). Ribuan PMI ilegal pulang ke Indonesia dalam keadaan tak bernyawa selama dua tahun. Terkuak penyebabnya. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Terdata selama tahun 2021 dan 2022, sebanyak 3.036 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan sakit.

Bahkan banyak diantaranya yang berangkat dalam keadaan sehat dan pulang sudah tidak bernyawa.

Bukan tanpa alasan, ribuan warga negara Indonesia (WNI) tersebut menerima tindak kekerasan di tempat mereka bekerja di luar negeri.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia(BP2MI), Benny Rhamdani mengatakan, 95 persen dari data di atas berangkat melalui jalur-jalur tikus alias PMI ilegal.

"Dua tahun selama saya menjabat, sebanyak 3.036 PMI yang sakit dan ditangani negara, tapi dari jumlah 3.036 PMI tersebut, 95 persennya tidak tercatat berangkat secara resmi," papar Benny saat Focus Group Discussion PMI Merdeka Dari Sindikat Ilegal di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: 12 dari 62 PMI Ilegal Korban Penyekapan di Kamboja Sudah Sampai di Indonesia

Lebih sadis lagi, ada 1.421 PMI yang meninggal di tempat mereka bekerja telah diurus oleh BP2MI selama dua tahun ke belakang.

Sama seperti fakta sebelumnya, 95 persen dari angka tersebut juga merupakan PMI Ilegal.

Bila dihitung perbulan, ada 54 PMI yang meninggal dalam kurun waktu dua tahun.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani saat menjemput ratusan PMI ilegal dari Malaysia yang dipulangkan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/8/2022) malam.
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Ramdhani saat menjemput ratusan PMI ilegal dari Malaysia yang dipulangkan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (4/8/2022) malam. (Ega Alfreda/TribunJakarta.com)

Usut punya usut, angka yang fantastis ini merupakan ulah dari para calo atau sindikat PMI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved