Penjabat Pengganti Anies Baswedan

Terima Usulan DPRD DKI, Kemendagri Masih Bahas 3 Nama Calon Pengganti Anies Baswedan

Kemendagri masih membahas tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta sebagai penjabat sementara Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan.

Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga di Kantor Kemendagri, Rabu (14/9/2022). Kemendagri masih membahas tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta sebagai penjabat sementara Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengumumkan usulan tiga nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga mengatakan ketiga nama calon Pj Gubernur masih dibahas oleh pihaknya.

"Kita sedang berproses untuk itu. Belum saya katakan nama-nama dari Kemendagri. Masih dibahas," ucapnya di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Dengan berarti, sejauh ini tiga nama calon Pj Gubernur baru diusulkan dari pihak DPRD DKI Jakarta saja.

Bahkan, pihak DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan langsung usulan ketiga nama calon Pj Gubernur, yakni Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali ke Kemendagri pada Rabu siang.

Baca juga: Mendagri Rapat, Tiga Usulan Nama Pj Gubernur dari DPRD DKI Diterima Sekjen Kemendagri

"Ya mekanismenya seperti itu sehingga kita memang kepada masyarakat kita ingin menyampaikan proses penunjukan Pj mencakup berbagai pertimbangan, baik syarat administrasi persyaratan kualifikasi dan juga rekam jejak dan beberapa tingkatan yang harus dilalui. Sehingga proses kita anggap sesuatu yang memang memenuhi keinginan masyarakat bahwa ini demokratis dan akuntabel," lanjutnya.

DPRD DKI Setor 3 Usulan Nama Calon Pj Gubernur

Kolase Foto Heru Budi Hartono, Bahtiar dan Marulla Matali.
Kolase Foto Heru Budi Hartono, Bahtiar dan Marulla Matali. (Kolase Foto TribunJakarta)

DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan tiga usulan nama penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Gubernur Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (14/9/2022).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan tiga usulan nama ini diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro lantaran Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sedang rapat di Hotel Pullman.

Baca juga: Jelang Lengser, Anies Baswedan Pamer Penghargaan dari Pemerintah Singapura: Sebuah Kehormatan

"Pertama saya terima kasih dari Pak Mendagri, Pak Tito sedang rapat di Pullman diterima Pak Sekjen Pak Suhajar. Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas 3 nama itu. Hari ini sudah diterima, ini tanda terimanya," katanya di Kantor Kemendagri.

Selain itu, lanjut Pras, penyerahan ini sebagai tindak lanjut setelah ketiga nama usulan DPRD DKI, yakni Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali terpilih.

Suasana rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur pada Selasa (13/9/2022).
Suasana rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur pada Selasa (13/9/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA)

"Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjut. Jadi diterima oleh Pak Sekjen untuk ditindaklanjut, karena sebelum tanggal 16 Oktober Pak Anies selesai. Jadi mekanisme apa saya mau tanya kepada beliau dan diarahkan dan dirapatkan oleh 9 instansi terkait untuk membicarakan harus cek betul Pj ini apakah ada masalah. Baru diserahkan kepada pak presiden," lanjutnya.

Nantinya tiga usulan nama ini bakal diserahkan ke Tito Karnavian.

"Ya responnya biasa aja, tugas kita hanya menyerahkan nanti pak sekjen menyerahkan kepada pak mendagri karena pak mendagri sedang ada rapat keluar ya, tinggal urusan pak mendagri ke pak presiden," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved