IKN Pindah ke Kalimantan, Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Bakal Kebagian Tugas Berat

Ia pun menyebut, Pj Gubernur harus menentukan arah Jakarta setelah IKN pindah ke Pulau Kalimantan.

Kolase Tribun Jakarta
Kolase foto Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono yang jadi calon pengganti Anies Baswedan di DKI Jakarta. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai, penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Gubernur Anies Baswedan punya tugas berat.

Sebab, Jakarta mulai 2024 mendatang tak lagi menyandang status sebatai ibu kota negara (IKN).

Oleh karena itu, Pj Gubernur DKI harus menyiapkan transisi peralihan status IKN.

"Jangan lupa, salah satu tugas penting yang mestinya harus dijelaskan adalah Pj DKI ini punya tugas mengantarkan DKI Jakarta menuju masa pensiunnya jadi ibu kota negara," kata Lucius dalam diskusi virtual, Kamis (15/9/2022).

Ia pun menyebut, Pj Gubernur harus menentukan arah Jakarta setelah IKN pindah ke Pulau Kalimantan.

Baca juga: Heru Budi Hartono Dinilai Kandidat Kuat Pj Gubernur DKI, Marullah Matali Terlemah: Jokowi Faktornya

Masukan terkait status Jakarta ke depannya pun perlu disampaikan ke DPR RI yang kini tengah menggodok revisi UU tentang Pemerintahan Jakarta.

"Dan siapa yang punya tanggung jawab untuk memberikan masukan untuk membuat undang-undang baru terkait Jakarta ini? Sedangkan namanya bukan ibu kota lagi, karena ibu kotanya sudah pindah," ujarnya.

Pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta.
Pradesain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru, karya I Nyoman Nuarta. (Youtube)

Oleh karena itu, Lucius berharap Pj Gubernur DKI yang akan ditunjuk Presiden Joko Widodo merupakan sosok yang punya kapasitas dalam melakukan peralihan Jakarta sebagai kota dengan status baru.

"Dia punya tanggung jawab untuk memikirkan bagaimana regulasi jakarta setelah IKN akan dipindahkan ke IKN baru," kata Lucius.

DPRD DKI Setor 3 Nama Pj Gubernur ke Kemendagri

DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan tiga usulan nama penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Gubernur Anies Baswedan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (14/9/2022).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan tiga usulan nama ini diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro lantaran Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sedang rapat di Hotel Pullman.

"Pertama saya terima kasih dari Pak Mendagri, Pak Tito sedang rapat di Pullman diterima Pak Sekjen Pak Suhajar. Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas 3 nama itu. Hari ini sudah diterima, ini tanda terimanya," katanya di Kantor Kemendagri.

Baca juga: Pengamat Ungkap Beban Berat PJ Gubernur Pengganti Anies Baswedan, Presiden Jokowi Pegang Bola Panas

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved