Cerita Kriminal

Sandiwara Penculikan usai Ketahuan Kumpul Kebo dan Dihajar Warga, Pria di Cikarang Itu Tak Ditahan 

Mustakim menegaskan, MF yang membuat laporan palsu bisa saja dikenakan pidana atas tuduhan Pasal 220 KUHP dengan ancaman satu tahun empat bulan kurung

glocalkhabar.com
Ilustrasi penculikan - Polsek Cikarang Utara tidak menahan pria berinisial MF (27) usai aksi pembuatan laporan palsu korban penculikannya terbongkar. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, CIKARANG UTARA - Polsek Cikarang Utara tidak melakukan penahanan terhadap pria berinisial MF (27), pemuda yang membuat laporan palsu korban penculikan.

Kapolsek Cikarang Utara Kompol Mustakim mengatakan, MF hanya dikenakan wajib lapor. 

"Statusnya kita wajibkan lapor supaya ada efek jera, supaya dia tidak membuat pelaporan yang membohongi kepolisian," kata Mustakim, Minggu (18/9/2022). 

Mustakim menegaskan, MF yang membuat laporan palsu bisa saja dikenakan pidana atas tuduhan Pasal 220 KUHP dengan ancaman satu tahun empat bulan kurungan penjara.

Hanya saja, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada MF agar tidak mengulangi perbuatannya. 

"Bisa saja kita jerat tapi untuk sekarang kita lakukan wajib lapor ke Polsek Cikarang," tegasnya. 

Baca juga: Pria di Cikarang Nekat Bikin Sandiwara jadi Korban Penculikan usai Babak Belur Bawa Kabur Pacar 

Kejadian ini diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat, agar tidak membuat laporan palsu untuk mengelabui polisi. 

"Masyarakat harus laporan untuk sebenarnya fakta jangan mengarang cerita karena akan tetap ketahuan oleh pihak kami," tegasnya. 

Ilustrasi - Seorang pemuda, MF (27), diamankan polisi usai ketahuan membuat keterangan palsu dengan bersandiwara jadi korban penculikan di Kabupaten Bekasi. Padahal, kejadian sebenarnya MF dikeroyok warga lantaran bawa kabur pacarnya di sebuah kontrakan.
Ilustrasi - Seorang pemuda, MF (27), diamankan polisi usai ketahuan membuat keterangan palsu dengan bersandiwara jadi korban penculikan di Kabupaten Bekasi. Padahal, kejadian sebenarnya MF dikeroyok warga lantaran bawa kabur pacarnya di sebuah kontrakan. (Kompas.com/Ari Maulana Karang)

Sebelumnya diberitakan, MF saat itu datang untuk membuat laporan polisi palsu bahwa dirinya jadi korban penculikan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved