Jalur Pedestrian Waduk Rawa Badak Hampir Rampung: Dulunya Rawan Parkir Liar, Kini Ramah Disabilitas

Pembangunan jalur pedestrian Waduk Rawa Badak di Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, hampir rampung. kini bisa buat beraktivitas warga yang disabilitas

Dok. Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara
Jalur pedestrian di Waduk Rawa Badak, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Pembangunan jalur pedestrian Waduk Rawa Badak di Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, hampir rampung. kini bisa buat beraktivitas warga yang disabilitas. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Pembangunan jalur pedestrian Waduk Rawa Badak di Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, hampir rampung.

Jalur pedestrian yang dulunya rawan parkir liar itu kini berubah menjadi tempat beraktivitas warga yang ramah disabilitas.

Meski belum selesai dikerjakan sepenuhnya, warga sudah bisa melakukan aktivitas di jalur pedestrian yang mengitari Waduk Rawa Badak tersebut.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Ilham Raya mengatakan, pembangunan jalur pedestrian dilakukan sebagai lanjutan dari penataan kawasan Waduk Rawa Badak.

"Sebelum dibangun, kawasan tersebut sering dimanfaatkan untuk parkir liar dan PKL," ucap Ilham, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua Jadi Kawasan Pedestrian Telan Anggaran Rp65 M, Dana dari Mana?

Pembangunan jalur pedestrian dikerjakan sejak bulan Juni 2022 lalu.

Panjang keseluruhan pedestrian yang dibangunan mencapai 800 meter dengan lebar bervariasi antara 2 sampai 4 meter disesuaikan kontur geografis lokasi.

Secara umum pengerjaan sudah selesai sejak Agustus lalu, namun saat ini masih dilakukan penyelesaian alias finishing.

Sejumlah tiang pembatas dipasang di Jalan K II, RT 05/RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Tiang-tiang tersebut berfungsi sebagai pembatas antara bahu jalan dengan jalan utama di lokasi itu.
Sejumlah tiang pembatas dipasang di Jalan K II, RT 05/RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Tiang-tiang tersebut berfungsi sebagai pembatas antara bahu jalan dengan jalan utama di lokasi itu. (TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino)

"Finishing-nya hanya memasang bangku dan lampu hiasan. Nantinya pedestrian akan dilengkapi ubin pemandu disabilitas, bangku, lampu, dan taman," kata Ilham.

Adapun penataan kawasan Waduk Rawa Badak bertujuan menghilangkan kesan kumuh yang sebelumnya kerap kali terlihat di lokasi.

Selain itu, pembangunan jalur pedestrian ini juga untuk memastikan area bantaran waduk bersih dari okupasi parkir liar maupun pedagang kaki lima. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved