Pilpres 2024

Pertemuan Anies Baswedan dengan 3 Ketum Parpol Bawa Berkah, Pengamat: Bisa Koalisi Usung Jadi Capres

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai pertemuan Gubernur Anies Baswedan dengan tiga ketua umum partai politik membawa berkah.

Dok Story WA Ketua Komisi A DPRD DKI Mujiyono
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara pernikahan putri Ketua Komisi VII DPR fraksi NasDem, Sugeng Suparwoto. Pengamat politik Ujang Komarudin menilai pertemuan Gubernur Anies Baswedan dengan tiga ketua umum partai politik membawa berkah. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan tiga ketua umum partai politik membawa berkah.

Diketahui, Anies Baswedan baru saja bertemu tiga ketum partai politik yakni Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PKS Ahmad Syaikhu, Ketum NasDem Surya Paloh serta Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di acara pernikahan putri Ketua Komisi VII DPR fraksi NasDem, Sugeng Suparwoto bisa mengarah ke politik.

"Saya melihatnya, pertemuan Anies dengan ketiga ketum partai sesuatu yang menurut saya mungkin berkah bagi Anies ya," ucap Ujang Komarudin saat dihubungi, Selasa (20/9/2022).

Potensi muatan politik dinilainya dominan dibalik pertemuan tersebut terutama kemungkinan membahas koalisi d iantara ketiga partai tersebut, untuk mendukung Anies maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Tidak sengaja ketemu bicara sana sini ngalor ngidul dan mungkin juga terkait membicarakan persoalan-persoalan kemungkinan koalisi di antara tiga partai dan memungkinkan untuk bisa mengusung dirinya kan begitu," lanjutnya.

Baca juga: Foto Mesra Anies dan Ketum 3 Parpol Terlanjur Ketahuan, Demokrat Intesifkan Komunikasi PKS-NasDem

Elektabilitas Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tentunya menjadi suatu yang menarik bagi ketiga parpol.

Sebab, ketiga parpol tersebut memerlukan koalisi untuk bisa melenggang pada Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara pernikahan putri Ketua Komisi VII DPR fraksi NasDem, Sugeng Suparwoto.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara pernikahan putri Ketua Komisi VII DPR fraksi NasDem, Sugeng Suparwoto. (Dok Story WA Ketua Komisi A DPRD DKI Mujiyono)

"Karena kan tidak ada pilihan bagi ketua-ketua partai itu. Karena kan kalau mereka tidak bergabung, engga bisa karena kalau hanya dua partai saja kira-kira NasDem dengan PKS engga bisa, karena kurang 20 persen," paparnya.

"Kalau NasDem dengan Demokrat saja tidak bisa juga. Jadi tiga-tiganya memang harus berkoalisi jika ingin mengusung Anies," pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved