Benarkah Pederita Kawasaki Disease Tak Ditanggung BPJS? Dirut Beri Jawaban Begini

Benarkah penderita Kawasaki Disease tak ditanggung BPJS? Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti buka suara.

Kolase TribunJakarta.com
Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan. 

TRIBUNJAKARTA.COM- Seorang balita perempuan di Tangerang Selatan mengidap Kawasaki Disease.

Melalui media sosial Tiktok ibunya @ibuyumna disampaikan bahwa pengobatan dan perawatan bayinya tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan dengan alasan termasuk penyakit langka.

Menanggapi hal itu Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti memastikan, pihaknya membiayai berbagai penyakit termasuk penyakit langka.

"Tidak benar, BPJS Kesehatan mengcover penyakit apa saja asal benar ada indikasi medis, meski penyakit tersebut langka seperti Penyakit Kawasaki," kata dia melalui pesan singkatnya kepada Tribunnews.com, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: Bisakah Bayi Masih dalam Kandungan Didaftarkan BPJS Kesehatan? Cek Syarat dan Ketentuannya

Ia menerangkan, dalam pengajuan klaim kepada BPJS Kesehatan baik pasien maupun fasilitas kesehatan harus melalui prosedur yang benar.

Misalnya jika pelayanan di fasilitas primer tidak bisa, maka dirujuk ke RS yang memiliki kompetensi untuk merawat pasien dengan penyakit langka tersebut.

"Jadi memang harus melalui prosedur yang benar," imbuhnya.

Seperti yang dikutip pediatrics.ucsd.edu, Kawasaki adalah penyakit yang disebabkan peradangan pembuluh darah di seluruh tubuh.

Baca juga: Ini 21 Daftar Layanan yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan 2022, Peserta Wajib Tahu

 Penyakit ini ditemukan di Jepang pada 1967 oleh seorang dokter anak bernama Kawasaki. Untuk menghargai jasanya, penyakit ini pun dinamai Kawasaki.

Penyakit Kawasaki selalu menyerang anak-anak terutama di usia di bawah lima tahun, kebanyakan kasus yang ditemukan adalah pada anak laki-laki.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengobatan Penyakit Langka Seperti Kawasaki Tak Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Jawaban Dirut.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved