Gubernur Anies Baswedan Tetapkan Kompleks Jalan Pasar Baru sebagai Cagar Budaya

Kompleks Jalan Pasar Baru yang berada di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya.

Pebby Adhe Liana / Tribun Jakarta
Pos Bloc Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (14/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Kompleks Jalan Pasar Baru yang berada di Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Iwan Henry Wardhana mengatakan, penetapan ini dilakukan setelah melalui proses kajian yang dilakukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi DKI Jakarta dan ditetapkan melalui Keputusan Gubernur.

"Penetapan Kompleks Pasar Baru sebagai Situs Cagar Budaya dikarenakan bangunan pada kawasan ini memiliki struktur cagar budaya yang menyimpan informasi mengenai kegiatan manusia pada masa lalu. Sehingga keberadaannya perlu dilestarikan dan dilindungi," ucap Iwan dalam keterangan tertulis, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut ia menerangkan, Kompleks Jalan Pasar Baru merupakan kawasan perdagangan yang sudah berkembang sejak awal abad ke-19.

Di dalam Kompleks Jalan Pasar Baru ini juga terdapat beberapa bangunan dan struktur yang sudah lebih dulu ditetapkan sebagai cagar budaya.

Baca juga: Bus Transjakarta Pink Khusus Wanita Rute Pasar Baru-Kalideres Mulai Beroperasi, Ini Penampakannya

Tak hanya itu, Pemprov DKI melalui Dinas Kebudayaan juga menetapkan enam batu penggilingan tebu yang berada di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur sebagai Benda Cagar Budaya.

Sebagai informasi, benda ini sudah ada sejak abad ke-17 dan merupakan cikal bakal perkembangan industri gula tradisional di Indonesia, yang menunjukkan kemampuan masyarakat pada masa lalu dalam mengolah bahan mentah menjadi sebuah produk. 

Selain itu, nama 'Penggilingan' juga diadopsi menjadi nama daerah tempat batu tersebut berada.

Kemudian, Prasasti Padrao yang kini tersimpan di Museum Nasional Indonesia juga ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved