Tahun Ini, Petugas SDA Bakal Keruk Lumpur di 20 Sungai hingga Waduk Jakarta Utara

Adrian memerinci, 10 lokasi yang telah selesai pengerjaan pengerukan lumpurnya antara lain Kali Sunter, Waduk Belibis Rawa Kandang, Embung TPU Rorotan

Dok. Sudin SDA Jakarta Utara
Petugas Suku Dinas SDA Jakarta Utara dengan alat berat melakukan pengerukan lumpur terhadap sungai, kali dan waduk di Jakarta Utara.  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Sebanyak 20 sungai, kali hingga waduk di Jakarta Utara menjadi sasaran pengerukan lumpur dengan alat berat sepanjang tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, pengerukan lumpur sudah berjalan pada 10 lokasi, sedang dilakukan di lima lokasi, dan akan segera dilanjutkan pada lima lokasi lainnya.

"Dalam perencanaan kami, ada 20 lokasi yang menjadi target pengerukan lumpur di tahun 2022," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara Adrian Mara Maulana, dalam rilisnya Rabu (21/9/2022).

Adrian memerinci, 10 lokasi yang telah selesai pengerjaan pengerukan lumpurnya antara lain Kali Sunter, Waduk Belibis Rawa Kandang, Embung TPU Rorotan, PHB KBN, serta PHB Warakas Raya.

Kemudian Kali Ancol, Kali Sunter, Kali Krukut, PHB Boulevard Utara, dan Waduk Rawa Badak juga sudah rampung dikeruk.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang Landa Jakarta, Pohon Tumbang Menimpa Mobil Avanza di Margaguna Raya

Dari 10 lokasi yang sudah dikeruk dan lima lokasi yang tengah dikeruk, dipastikannya seluas 111.273 meter kubik lumpur telah diangkut.

"Untuk lima lokasi yang tengah dikerjakan antara lain Waduk Pluit, Waduk Pegangsaan Dua, Waduk Babek TNI, Kali Ancol, dan Kali Ciliwung Lama," kata Adrian.

"Secara presentase sudah 64 persen lumpur yang kami keruk," sambungnya.

Baca juga: DPRD DKI Dukung Wacana Gedung Tanpa Pagar, Anies Baswedan Diingatkan Soal Macet & Banjir di Jakarta

Lima lokasi lain yang juga menjadi sasaran pengerukan lumpur masih belum dipublikasikan menunggu pengerjaan terkini rampung.

Namun, Adrian menjelaskan pada kelima lokasi lanjutan, ditargetkan sebanyak 26.000 meter kubik lumpur akan terangkut.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved