Breaking News:

Pastikan Pelayanan Urusan WNA Cepat, Plt Dirjen Imigrasi Cek Layanan di Imigrasi Jakarta Selatan

Disampaikan Widodo, penyederhanaan birokrasi ini meliputi pemangkasan durasi proses persetujuan permohonan izin tinggal menjadi 4 hari kerja.

Editor: Elga H Putra
Istimewa
Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana berbincang dengan salah satu WNA yang sedang mengurus izin di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo dan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi mengenai penyederhanaan birokrasi terkait layanan izin tinggal Warga Negara Asing, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana cek pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

Dia didampingi oleh Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, I Nyoman Gede Surya Mataram.

Di sana, Widodo berfokus pada pengecekan layanan keimigrasian bagi Warga Negara Asing.

Disampaikan Widodo, penyederhanaan birokrasi ini meliputi pemangkasan durasi proses persetujuan permohonan izin tinggal menjadi 4 hari kerja.

Kebijakan ini telah dilaksanakan per tanggal 20 September 2022 dan ke depannya akan disusun Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mengatur terkait hal tersebut.

Baca juga: Plt Dirjen Imigrasi Sidak Kantor Imigrasi Jakpus, Pemangkasan Waktu Pembuatan KITAS Diapresiasi WNA

Mengenai singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permohonan, Widodo mengimbau agar petugas secara aktif dapat memberikan informasi kepada pemohon.

"Agar  mereka dapat melengkapi semua dokumen persyaratan serta melakukan pembayaran pada hari yang sama dengan hari pengajuan permohonan agar permohonan dapat diselesaikan tepat waktu.

Jika kedua hal tersebut tidak dapat dipenuhi, maka permohonan ditolak," tuturnya. Kamis (22/9/2022).

Tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo dan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi mengenai penyederhanaan birokrasi terkait layanan izin tinggal Warga Negara Asing, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana cek pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.
Tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo dan Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi mengenai penyederhanaan birokrasi terkait layanan izin tinggal Warga Negara Asing, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana cek pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan. (Istimewa)

Selain menyampaikan beberapa arahan kepada petugas, Widodo juga melakukan pemantauan langsung jalannya pelayanan.

Ia juga sempat berbincang dengan pemohon layanan izin tinggal untuk mengetahui respon pemohon terhadap layanan izin tinggal yang diterima.

Para pemohon layanan izin tinggal menyambut baik  dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia, khususnya Imigrasi yang telah mengambil langkah cepat untuk melakukan perbaikan berupa pemangkasan waktu penyelesaian permohonan izin tinggal. 

“Semuanya lancar. Saya sangat senang dan lebih cepat daripada dugaan saya.

Semua stafnya sangat ramah and no complaint," ujar Jared, salah satu WNA yang sedang mengurus perizinan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved