Dibuka Kembali, Taman Ismail Marzuki Pakai Teknologi Terbaru Kata Anies Baswedan

Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat dibuka kembali untuk umum mulai hari ini, Jumat (23/9/2022). Pakai teknologi terbaru.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Pagelaran perdana di Graha Bhakti Budaya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat dibuka kembali untuk umum mulai hari ini, Jumat (23/9/2022) setelah direvitalisasi.

Pembukaan publik ini pun ditandai dengan pagelaran perdana di Graha Bhakti Budaya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di DKI ini mengatakan Graha Bhakti Budaya untuk pertama kalinya digunakan kembali dengan menggunakan teknologi terbaru, yakni pendekatan state of the art.

"Kita menjalani proses cukup panjang, begitu banyak yang berkiprah. Kami menyampaikan terimakasih kepada semua nama yang telah menghibahkan waktunya, pikirannya, energinya, dan perasaannya, di dalam menyiapkan sebuah pembaharuan untuk meningkatkan posisi Jakarta, posisi Indonesia, bukan sekadar menjadi pemain samping, tapi menjadi pemain dominan di dalam gelanggang seni budaya internasional," ucapnya di lokasi.

Adapun beberapa fasilitas yang dibuka diantaranya galeri seni, gedung teater, perpustakaan, planetarium, masjid, taman dan wisma seni.

Baca juga: Anies Baswedan Baca Puisi WS Rendra di Pagelaran Perdana Pembukaan TIM, Ini Alasannya!

Oleh sebab itu, pembukaan ini diharapkan Anies bisa menjadi rumah bagi para seniman untuk bisa menunjukkan karyanya.

"Mereka-mereka bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, sekaligus bisa berangkat dan menjadi tamu mempesona di negeri orang. Mereka-mereka yang nantinya akan menandai bahwa dari Indonesia hadir seniman-seniman hebat mewakili nama kita di gelanggang dunia dunia," lanjutnya.

Sebagai informasi, revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ-TIM) telah dikukuhkan Gubernur Anies pada peringatan 50 tahun Taman Ismail Marzuki pada akhir tahun 2018.

Pagelaran perdana di Graha Bhakti Budaya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022)
Pagelaran perdana di Graha Bhakti Budaya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2022) (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Sedangkan proses revitalisasi TIM dimulai pada pertengahan tahun 2019.

Revitalisasi PKJ-TIM dirancang dari akar semangat budaya lokal yang dipadukan dengan konsep modernitas, keindahan, kenyamanan, dan keasrian lingkungan. Sehingga PKJ-TIM diharapkan dapat menjadi ikon baru kota Jakarta.

Baca juga: Ini Jadwal Pertunjukan Seni di Taman Ismail Marzuki di Bulan Agustus!

Harapannya Taman Ismail Marzuki pasca revitalisasi ini menjadi pusat aktivitas seni dunia, serta menjadi tempat untuk seniman domestik tumbuh dan membuka ruang interaksi dengan para seniman dari berbagai belahan dunia yang berbeda.

Kemudian juga menjadi ekosistem budaya untuk Jakarta dan Indonesia, menjadi wadah bagi para seniman ke tingkat panggung internasional, ruang pertunjukan Indonesia terbesar dunia, serta mendukung kreasi, kompetisi dan pertunjukan seni.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved