Lapak Pedagang Digusur Pakai Alat Berat, Markas Ormas Dikasi Kesempatan Bongkar Swadaya

Langkah ini tentu saja kontras dengan yang dilakukan terhadap bangunan milik warga, di mana Pemkot Bekasi menerjunkan alat berat untuk membongkarnya. 

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Jaisy Rahman Tohir
Yusuf Bachtiar/TribunJakarta.com
Pembongkaran bangunan liar di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi, Jumat (22//9/2022). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan kesempatan bagi sejumlah organisasi masyarakat (ormas) membongkar sendiri bangunannya di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. 

Hal ini tertuang dalam keterangan pers Pemkot Bekasi, proses pembongkaran dilakukan secara swadaya pada Kamis (21/9/2022) malam hingga hari ini, Jumat (22/9/2022). 

Langkah ini tentu saja kontras dengan yang dilakukan terhadap bangunan milik warga, di mana Pemkot Bekasi menerjunkan alat berat untuk membongkarnya. 

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, penertiban bangunan warga termasuk milik ormas dilakukan tanpa tebang pilih. 

Khusus untuk bangunan ormas, pihaknya melakukan secara damai dan persuasif untuk tetap menjaga kondusifitas. 

"Rencananya penertiban dilakukan guna mendukung normalisasi wilayah aliran sungai agar tidak banjir, penambahan ruang terbuka hijau untuk pedestrian dan taman area bagi publik," kata Tri. 

Baca juga: Pemkot Bekasi Tebang Pilih, Lapak Pedagang Berani Digusur Giliran Markas Ormas Dibiarkan Berdiri

Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar mengatakan, proses pembongkaran bangunan liar (bangli) milik ormas dilakukan dengan komunikasi intens terlebih dahulu. 

"Ya kita berkomunikasi intens untuk meberikan masukan bahwa apa sih yang menjadi kendala ormas ini enggan dibongkar, kita sampaikan dengan peraturan-peraturan yang ada alhamdulillah mereka dengan legowonya mau gitu," kata Ricky. 

Proses mediasi dengan kelompok ormas berjalan hingga larut malam, bahkan proses pengosongan dilakukan hingga jelang dini hari. 

Proses pembongkaran bangunan liar di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya.
Proses pembongkaran bangunan liar di bantaran Kali Jati, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi, Jumat (22//9/2022).

"Iya benar (mengosongkan bangunan),  kan kita mediasi sampai malam hari jadi kita sampaikan secara humanis lah," ucap Ricky. 

Dia membenarkan, sejumlah anggota ormas memilih membongkar sendiri bangunan markas atau pos miliknya. 

"Iya mereka membongkar sendiri tapi ada juga yang minta bantuan kita sih, karena menghancurkan tembok itu cukup sulit jadi kita bantu dengan alat berat," jelas dia.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved