Ajudan Jenderal Ferdy Sambo Ditembak

Pengamat Bongkar Kultur Kakak Adik Asuh Polri dari Karir hingga Uang, Jenderal Bintang 3 Bereaksi

Isu kakak adik asuh pada kasus Ferdy Sambo mulai menyeruak seiring belum rampungnya penyidikan kasus pembunuhan berencana Yosua.

ISTIMEWA
Ilustrasi Polisi. - Isu kakak adik asuh pada kasus Ferdy Sambo mulai menyeruak seiring belum rampungnya penyidikan kasus pembunuhan berencana Yosua. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Isu kakak adik asuh pada kasus Ferdy Sambo mulai menyeruak seiring belum rampungnya penyidikan kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran, Muradi, menjadi sosok yang lantang bicara soal peran kakak dan adik asuh tersebut.

Menurutnya, ada intervensi yang dilakukan kakak dan adik asuh Ferdy Sambo di institusi Polri pada proses penyidikan.

Hal itu terlihat dari lambat dan berbelitnya kasus yang melibatkan banyak pihak untuk obstruction of justice itu.

"Kakak asuh dan adik asuh itu ada dua ya. Ada yang masih aktif sebagian besar pegang posisi strategis. Makanya saya bilang yang masih aktif ini menjadi bridging dari kasuh tidak aktif," ujar Muradi di Program Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Jumat (23/9/2022).

Sementara, Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto, berbicara lebih jauh tentang kakak dan adik asuh yang sudah menjadi kultur di Polri.

Baca juga: Kakak Asuh Gagal 3 Kali Selamatkan Ferdy Sambo di Kasus Brigadir J, Tahap Terakhir Bikin Khawatir

Menurut Bambang, analisa Muradi soal adanya kakak dan adik asuh Ferdy Sambo yang mengintervensi kasus hingga penyidikan lambat rampung masuk akal.

"Kemungkinan itu sangat besar sekali ya karena pengaruh adik asuh dan kakak asuh ini sudah menjadi kultur sejak jadi Akpol (Akademi Kepolisian)," kata Bambang di program yang sama.

Bambang mengatakan, kultur kakak dan adik asuh yang berawal dari Akpol itu pada akhirnya terbawa sampai ke urusan promosi jabatan hingga pangkat.

Menurut Bambang, Polri saat ini tidak menjalankan merit system dengan baik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved