Kali Ciliwung Meluap Lagi, Warga Kebon Pala Kembali Dapat Kiriminan Banjir 1 Meter

Warga Kebon Pala memperkirakan ketinggian air banjir di wilayahnya bisa bertambah jika Bogor dan Depok hari ini kembali diguyur hujan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
Istimewa
Sejumlah anak bermain air saat pemukiman Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta Timur, kembali terendam banjir akibat luapan Kali Ciliwung, Sabtu (24/9/2022).  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Permukiman warga kawasan Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur terendam banjir pada Sabtu (24/9/2022).

Poni, warga sekitar mengatakan banjir luapan Kali Ciliwung mulai merendam permukiman warga RW 04 dan RW 05 sejak pukul 03.00 WIB dengan ketinggian berkisar 65 sentimeter hingga 1 meter.

"Dari semalam memang ada informasi kalau (Bendungan Katulampa) siaga tiga. Karena sudah biasa banjir jadi segini enggak terlalu parah sih," kata Poni di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (24/9/2022).

Menurutnya, banjir tersebut imbas meningkatnya debit air di Kali Ciliwung kiriman dari Bogor dan Depok yang diguyur hujan deras pada Jumat (23/9/2022) malam.

Letak permukiman warga kawasan Kebon Pala yang berada dekat aliran dan normalisasi Kali Ciliwung yang hingga kini belum rampung membuat mereka kerap terdampak banjir.

Baca juga: Rumahnya Terendam Banjir, Warga Kebon Pala yang Sakit Digotong Pakai Keranda ke Klinik

"Kalau bisa dibuat tanggul, biar banjirnya enggak terlalu parah. Untuk sekarang enggak ada warga mengungsi, bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing saja," ujarnya.

Warga Kebon Pala memperkirakan ketinggian air banjir di wilayahnya bisa bertambah jika Bogor dan Depok hari ini kembali diguyur hujan.

Namun, sebaliknya banjir bisa surut pada siang ini jika kedua wilayah di dataran itu tidak kembali diguyur hujan.

Baca juga: Diduga Teler, Pemotor Ini Tidur Pulas di Pinggir Jalan Dekat Asrama Brimob Petamburan

Selain di Kebon Pala, wilayah di Jakarta Timur yang kerap terdampak banjir luapan Kali Ciliwung yakni permukiman warga Kelurahan Balekambang, Kelurahan Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Kalau untuk di sini (Kebon Pala) warga belum dapat bantuan (makanan siap saji) sih," tutur Poni.

 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved