Cerita Kriminal

Remaja di Berau Melahirkan Padahal Pernikahan Baru Seumur Jagung, Terkuak Ulah Bejat Kakeknya

Seorang remaja di Berau berusia 16 tahun melahirkan seorang anak padahal umur pernikahan mereka baru seumur jagung. Terkuak ulah kejam sang kakek.

Editor: Siti Nawiroh
net
Ilustrasi rudapaksa atau pemerkosaan. Seorang remaja di Berau berusia 16 tahun melahirkan seorang anak padahal umur pernikahan mereka baru seumur jagung. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Seorang remaja di Berau berusia 16 tahun melahirkan seorang anak padahal umur pernikahan mereka baru seumur jagung.

Setelah lama dipendam, remaja tersebut akhirnya berani mengungkap peristiwa pahit yang menimpanya sebelum dinikahi sang suami.

PU (16), seorang istri di Berau, Kalimantan Timur diperkosa kakeknya sendiri, SA (64). Kasus tersebut terungkap saat PU melahirkan pada 3 September 2022.

Padahal PU baru menikah dengan suaminya, BE pada Februari 2022. Tak terima dengan kejadian yang menimpa istrinya, BE pun melaporkan kasus pemerkosaan tersebut ke polisi.

Dari hasil penyelidikan sementara, selama hamil, PU tak berani menceritakan kasus pemerkosaan tersebut karena takut suaminya marah.

Baca juga: 9 Bulan Kasus Rudapaksa Tak Berposes, Polisi Baru Jawab Usai Diviralkan Hotman Paris

Setelah melahirkan bayi perempuan di RSUD Abdul Rivai, PU pulang dan beberapa hari kemudian dia memberanikan diri bercerita.

Ia pun bercerita jika bayi yang dilahirkan adalah anak kakeknya sendiri yang telah memperkosanya di Sembakungan, Kecamatan Gunung Tabur.

Awalnya BE tak percaya jika bayi yang dilahirkan PU bukan anaknya. Ia pun kembali ke RSUD Abdul Rivai untuk menanyakan usia kelahiran istrinya.

Ilustrasi rudapaksa atau pemerkosaan
Ilustrasi.

Seorang remaja di Berau berusia 16 tahun melahirkan seorang anak padahal umur pernikahan mereka baru seumur jagung.(net)

Pihak petugas kesehatan pun mengatakan jika PU melahirkan secara normal yakni 9 bulan. Sementara pernikahan PU dan BE baru menikah selama 7 bulan.

Tak terima, BE pun langsung melaporkan SA ke Polres Berau kemudian petugas pun langsung menjemput pelaku tanpa perlawanan.

Kapolres Berau, AKBP Shindu Brahmarya melalui Kasihumas Polres Berau, Iptu Suradi mengatakan dari hasil penyelidikan, tak hanya PU yang menjadi korban pemerkosaan SA.

Baca juga: Buruh di Tangerang Rudapaksa Anak 15 Tahun dan Direkam, Ortu Syok Video Panas Anak Muncul di Medsos

Polisi menyebut saudara PU yakni IL (14) juga menjadi korban pemerkosaan kakeknya sendiri.

"Dari hasil penyelidikan ternyata ada korban lain lagi yakni berinisial IL (14).

Dan perbuatan itu sudah dilakukan lebih dari satu kali. Saat ini masih kami tindak lanjut dan tersangka sudah diamankan di Mapolres Berau,” ujar dia, Jumat (23/9/2022).

 Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 82 ayat (1) Jo Pasal 76E UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah ditetapkan menjadi UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perpu Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istri Berusia 16 Tahun di Berau Diperkosa Kakek hingga Melahirkan, Suami Korban Lapor Polisi"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved