Timnas Indonesia

Indonesia Naik Tajam di Ranking FIFA usai Dua Kali Taklukan Curacao, Bagaimana Veitnam dan Malaysia?

Tentu, kenaikan peringkat rangking FIFA tersebut terasa manis bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, hasil yang didapatkan Indonesia melebihi para pesaing

Tribunnews/Jeprima
Pemain Indonesia berebut bola atas dengan pemain Curacao dalam laga FIFA Matchday, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Selasa (27/9/2022). Laga Indonesia vs Curacao berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tuan rumah, yang dicetak pemain berlatar belakang anggota TNI dan Polri, yakni Dimas Drajad dan Dendy Sulisrtawan. 

TRIBIUNJAKARTA.COM - Posisi peringkat negara-negara Asia Tenggara mengalami perubahan di ranking FIFA usai melakoni laga FIFA Matchday September 2022.

Dan Indonesia termasuk negara Asia Tenggara yang mengalami kenaikan menterang di ranking FIFA usai catatkan dua kali kemenangan atas Curacao.

Timnas Indonesia berhasil catatkan kemenangan 3-2 dan 2-1 atas Curacao pada laga kedua FIFA Matchday September 2022.

Laga tersebut dilaksanakan di Stadion Glora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung dan Stadion Pakansari, Bogor, pada 24 dan 27 2022.

Dari perhitungan yang dilakukan Footy Ranking, kemenangan 3-2 laga pertama Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA Bandung, memberikan 7,41 poin untuk Indonesia.

Baca juga: Hasil Indonesia vs Curacao 2-1: Anggota TNI dan Polri Bawa Garuda Kembali Terbang

Sementara, dari kemenangan 2-1 laga kedua versus Curacao di Stadion Pakansari, Indonesia mendapatkan tambahan 7,30 poin.

Dari kedua Laga kontra Curacao itu, Timnas Indonesia menambah 14,71 poin pada bulan September 2022 atau keseluruhan poin bertambah jadi 1033,9 di ranking FIFA.

Raihan 14,71 poin tersebut mendongkrak posisi Indonesia naik empat tingkat menjadi posisi ke-152 ranking FIFA pada Oktober 2022.

Striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad, menendang bola ke gawang Curacao dalam laga leg kedua FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022). Laga Indonesia vs Curacao leg kedua ini berakhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah dan gol dicetak Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan yang berlatar belakang anggota TNI dan Polri.
Striker Timnas Indonesia, Dimas Drajad, menendang bola ke gawang Curacao dalam laga leg kedua FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/9/2022). Laga Indonesia vs Curacao leg kedua ini berakhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah dan gol dicetak Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan yang berlatar belakang anggota TNI dan Polri. (Bolasport.com/Alif Aziz Mardiansyah)

Tentu, kenaikan peringkat rangking FIFA tersebut terasa manis bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, hasil yang didapatkan Indonesia melebihi para pesaingnya di Asia Tenggara.

Thailand tidak mengalami perubahan peringkat selama FIFA Matchday September 2022, karena mengantongi satu kemenangan dan satu kekalahan.

Thailand tetap di posisi 111 FIFA usai kalah lawan Malaysia lewat adu penalti dan menang 2-1 atas Trinidad dan Tobago.

Baca juga: Sudah Gemparkan Asia Tenggara Taklukan Curacao, Kini Timnas Indonesia Cari Musuh Peringkat 50 FIFA

Sementara itu, Malaysia hanya mencatatkan dua peringkat ke posisi ke-146.

Hasil tersebut terjadi usai timnas Malaysia menang atas Thailand lewat adu penalti dan kalah atas Tajikistan lewat adu penalti.

Witan Sulaeman berusaha memperthanakan bola dari rebutan pemain Vietnam di ajang Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021).
Witan Sulaeman berusaha memperthanakan bola dari rebutan pemain Vietnam di ajang Piala AFF 2020, Rabu (15/12/2021). (PSSI)

Vietnam naik satu strip ke posisi ke-96 usai mengantongi dua kemenangan atas Singapura dan India di FIFA Matchday September 2022.

Masih ada kesempatan bagi timnas Indonesia untuk mencatatkan kenaikan peringkat FIFA pada tahun 2022.

Syaratnya, timnas Indonesia harus mencatatkan prestasi bagus di Piala AFF 2022 mendatang.

Baca juga: Hasil Indonesia vs Vietnam: Pemain Persija Tebus Dosa, Garuda Muda Lolos Piala Asia U-20 2023

Piala AFF 2022 sendiri bakal digelar pada akhir tahun nanti, tepatnya setelah Piala Dunia 2022.

Piala AFF 2022 bakal digelar pada 20 Desember 2022- 16 Januari 2023. 

Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved