Proyek Galian Saluran Air Jalan Ciledug Raya Telan Biaya Rp 14 Miliar, Kini Sering Bikin Kecelakaan

Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, Ulujami, Jakarta Selatan menelan biaya hingga Rp 14 miliar. Tapi banyak bikin pemotor celaka.

Penulis: Annas Furqon Hakim | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, tepatnya di depan Kampus BSI, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mengakibatkan jalan ambles, Selasa (27/9/2022) - Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, Ulujami, Jakarta Selatan menelan biaya hingga Rp 14 miliar. Tapi banyak bikin pemotor celaka. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PESANGGRAHAN - Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan menelan biaya hingga Rp 14 miliar.

Anggaran Rp 14 miliar untuk proyek tersebut tertera di papan pemberitahuan yang terpasang di lokasi

"Nilai kontrak Rp 14.121.183.270," demikian informasi yang tertulis di papan pemberitahuan tersebut.

Namun, dijelaskan juga bahwa total biaya yang dianggarkan tidak hanya untuk proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya. Tetapi juga di Jalan Pejaten Raya.

Lurah Ulujami Yudha Irawan mengatakan, pihak yang bertanggung jawab atas proyek galian saluran air itu adalah Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan.

Baca juga: Bikin Pemotor Celaka, Proyek Galian Ambles di Jalan Ciledug Raya Tanggung Jawab Sudin SDA Jaksel

"Jadi pekerjaan (galian saluran air) itu di bawah Sudin SDA (Jaksel)," kata Yudha saat dihubungi, Rabu (28/9/2022).

Yudha menjelaskan, pihak Kelurahan Ulujami juga telah menginformasikan kejadian jalan ambles yang mengakibatkan pengendara motor terperosok kepada Sudin SDA Jakarta Selatan.

Papan informasi terkait proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
Papan informasi terkait proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM)

"Itu pun ketika ada kejadian yang motor itu sudah kita infoin ke penanggung jawabnya, dalam hal ini Sudin SDA," ujar dia.

"Dari kelurahan paling kita kasih tanda jalan ambles sama ngatur lalu lintas," tambahnya.

Berdasarkan papan pemberitahuan yang terpasang di lokasi proyek, pengerjaan galian saluran air itu memakan waktu 7 bulan.

Proyek mulai dikerjakan sejak 3 Juni 2022 dan ditargetkan rampung pada 15 Desember 2022 mendatang.

Sementara itu, kontraktor proyek galian saluran air ini adalah PT Pubagot Jaya Abadi dan PT Jagad Alam Semesta sebagai konsultan pengawas.

Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, tepatnya di depan Kampus BSI, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mengakibatkan jalan ambles, Selasa (27/9/2022).
Proyek galian saluran air di Jalan Ciledug Raya, tepatnya di depan Kampus BSI, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mengakibatkan jalan ambles, Selasa (27/9/2022). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

Diberitakan sebelumnya, insiden kecelakaan kerap terjadi di dekat proyek galian saluran air tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved