Sudah Turun, Harga Bahan Pokok di Pasar Cibubur Masih Dianggap Mahal

Kemudian harga cabai rawit merah di Pasar Cibubur yang kini masih berkisar di angka Rp55 ribu per kilogram, padahal normalnya dijual di bawah Rp50 rib

Penulis: Bima Putra | Editor: Acos aka Abdul Qodir
TribunJakarta.com/Bima Putra
Lapak pedagang sayur mayur di Pasar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (28/9/2022). Sejumlah pembeli di Pasar Cibubur mengeluhkan belum normalnya harga bahan pokok meski telah terjadi penurunan harga.  

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Harga bahan pokok di Pasar Cibubur, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur masih dianggap memberatkan daya beli.

Rastinah (49), satu pembeli mengatakan meski harga komoditas cabai, bawang merah, dan tomat saat ini berangsur turun tapi harganya dianggap belum normal sehingga memberatkan.

"Kayak bawang, sudah turun tapi belum normal. Normalnya kan Rp25 ribu per kilogram. Makannya saya mengurangi belanja," kata Rastinah di Pasar Cibubur, Rabu (27/9/2022).

Kemudian harga cabai rawit merah di Pasar Cibubur yang kini masih berkisar di angka Rp55 ribu per kilogram, padahal normalnya dijual di bawah Rp50 ribu per kilogram.

Dia juga mengeluhkan kenaikan harga bahan pokok lain seperti beras yang kini melonjak dari Rp8 ribu ke Rp9 ribu per liter, kemudian ikan lele dari Rp25 menjadi Rp26 ribu per kilogram.

"Saya kan usaha warung makan. Kenaikan Rp1 ribu ini berpengaruh banget, karena semuanya pada naik. Sekarang kalau belanja ya harus dibagi-bagi biar dapat semua bahan," ujar Rastinah.

Baca juga: Produsen Tempe di Ciracas Teriak, Kenaikan harga Kedelai Kali Ini Paling Parah

Istikoyah, satu pedagang sayur mayur di Pasar Cibubur menuturkan harga cabai memang tidak tentu karena dapat berubah hanya dalam waktu hitungan jam dari tingkat distributor.

Menurutnya penurunan harga komoditas cabai, bawang, dan tomat sekarang juga tidak dapat dipastikan stabil karena masih dapat berubah tergantung ketersediaan dan faktor lain.

"Sekarang yang turun cabai rawit merah, dari Rp60 ribu ke Rp55 ribu per kilogram. Cabai merah keriting dari Rp60 ribu ke Rp50 ribu. Bawang dari Rp30 ribu per kilogram ke Rp28 ribu," tutur Istikoyah.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga BBM, Perwal Tarif Baru Angkutan Umum di Kota Bekasi Belum Rampung

Sementara tomat dari Rp10 ribu ke Rp7 ribu, penurunan harga tiga komoditas ini baru terjadi tiga hari terakhir dan belum dapat dipastikan apakah dapat kembali turun atau justru melonjak.

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved