Mitigasi Perubahan Iklim, RW 01 Kelurahan Tugu Utara Diresmikan Jadi Kampung Proklim

Pemkot Jakarta Utara meresmikan Program Kampung Iklim (Proklim) Gang Hijau Cemara 001 di RW 01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Kamis (29/9)

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Peresmian Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001 di RW 01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KOJA - Pemerintah Kota Jakarta Utara meresmikan Program Kampung Iklim (ProKlim) Gang Hijau Cemara 001 di RW 01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2022).

Wilayah permukiman warga tersebut dinilai telah memenuhi variabel terkait dengan mitigasi perubahan iklim.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengatakan, ada kolaborasi yang terjalin dari berbagai unsur terkait pelestarian lingkungan di wilayah.

"Jadi ada kolaborasi, adanya semangat mulai dari RT RW peran serta penggiat dan juga bimbingan dari Suku Dinas KPKP dan Lingkungan Hidup terciptanya Kampung Proklim ini," ucap Wawan.

Wawan menuturkan, keberadaan Kampung Proklim Gang Hijau Cemara di RW 01 Tugu Utara dihadirkan untuk menyikapi perubahan iklim.

Baca juga: Cerita Saksi Lihat Sopir Taksi Online Berlumuran Darah Usai Dibacok Penumpangnya di Koja

Ketua RW 001 Tugu Utara Januar Ajie mengatakan, Kampung Proklim Gang Hijau Cemara memiliki berbagai spot pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan.

Ada kebun anggur, kolam ikan, spot budidaya maggot, hingga bank sampah.

Peresmian Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001 di RW 01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2022).
Peresmian Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001 di RW 01 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Kamis (29/9/2022). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

"Berharap dengan terpilihnya wilayah kami sebagai Kampung Proklim masyarakat RW 01 dapat menjadi lebih maju, sehat, dan mandiri," kata Januar.

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Rifqi Budi Prasetyo menjelaskan, Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001 merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001 hadir melalui proses survei dan koordinasi lintas stakeholder terkait kondisi dan peluang yang ada di lingkungan tersebut.

"Tujuan utama pembentukan Proklim adalah mendorong partisipasi masyarakat untuk melakukan upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan," ucapnya.

Pada tahun 2022 ini, PT Pertamina Lubricants memberikan bantuan Rp 180 juta sebagai dukungan terhadap pengembangan Kampung Proklim Gang Hijau Cemara 001.

Rifqi menambahkan, dukungan tidak hanya berhenti di tahun ini saja, namun juga akan berlanjut selama lima tahun ke depan dengan ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved