Rakornas Kemendagri Bidang Hukum 2022, Serius Sikapi Dinamika Hukum di Masyarakat

Kemendagri menggelar Rakornas Bidang Hukum Seluruh Indonesia Tahun 2022. Rakornas digelar dalam rangka menyikapi dinamika di masyarakat.

Editor: Wahyu Septiana
Dok Kemendagri
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Hukum Seluruh Indonesia di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Kamis (29/9/2022). Kemendagri menggelar Rakornas Bidang Hukum Seluruh Indonesia Tahun 2022. Rakornas digelar dalam rangka menyikapi dinamika di masyarakat. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Biro Hukum Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang hukum seluruh Indonesia Tahun 2022.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Pullman Central Park Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Rakornas bidang hukum seluruh Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.

Kepala Biro Hukum Setjen Kemendagri Muhammad Gani dalam laporannya menyampaikan, Rakornas digelar dalam rangka menyikapi dinamika penyelenggaraan pemerintahan dan ketatanegaraan.

Selain itu, sebagai upaya menyelesaikan permasalahan hukum, baik di tingkat pemerintah daerah (Pemda) maupun nasional.

"Maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini ialah untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja bidang hukum, dan konsilidasi bidang hukum seluruh Indonesia," kata Gani dalam keterangan persnya, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Perkuat Kompetensi Analis Kebijakan, BSKDN Kemendagri Gelar Workshop

"Kedua, untuk membangun kesepahaman dan komitmen untuk melaksanakan aturan dan mengantisipasi dampak hukum, serta mencari solusi sesuai peraturan perundang-undangan secara bertanggung jawab dan beretika," tambahnya.

Selain itu, acara tersebut juga sebagai ajang untuk membangun sinergisitas, komunikasi, koordinasi, dan tali silaturahmi antara Biro Hukum Pusat dengan bagian hukum kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro (Dok Kemendagri)

Adapun kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari Kepala Biro Hukum Provinsi dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten/Kota.

Acara yang diselenggarakan selama sehari penuh tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber, yang akan membekali peserta dengan berbagai materi terkait dinamika hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved