Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Jamin Warga Bogor Bisa Terpasok Air Bersih Hingga Jangka Panjang

Air bersih menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Karenanya, ketersediaan air menjadi hal pokok.

Editor: Elga H Putra
KOMPAS.COM
Ilustrasi air bersih. Dari segi infrastruktur, setidaknya terdapat 5 fasilitas yang menjamin warga Kota Bogor tak akan kekurangan ketersediaan pasokan air bersih. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Air bersih menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Karenanya, ketersediaan air menjadi hal pokok.

Tak hanya untuk jangka pendek namun juga sampai jangka panjangnya.

Namun sayangnya kerusakan iklim yang terus terjadi membuat bahaya kekeringan kian menghantui.

Bukan hanya di daerah tandus, daerah yang dulunya dikenal sebagai dataran tinggi juga berpotensi kekeringan.

Beragam upaya pun dilakukan agar wabah kekeringan air bersih tak sampai terjadi.

Baca juga: Cakupan Air Bersih untuk Warga Jakarta Belum Menyeluruh, Anies Baswedan: Kemarin Dikelola Swasta

Termasuk yang dilakukan di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sebagai Perumda yang bertugas menyediakan air bersih di Kota Bogor, Tirta Pakuan menyiapkan langkah jangka panjang untuk stok air bersih di kota hujan.

Dari segi infrastruktur, setidaknya terdapat 5 fasilitas yang dibangun antara lain yaitu penambahan sumber air, water treatment plant, reservoir dan pompa, perpipaan, dan DMA.

Dari segi infrastruktur, setidaknya terdapat 5 fasilitas yang menjamin warga Kota Bogor tak akan kekurangan ketersediaan pasokan air bersih.
Dari segi infrastruktur, setidaknya terdapat 5 fasilitas yang menjamin warga Kota Bogor tak akan kekurangan ketersediaan pasokan air bersih. (Istimewa)

"Tentunya hal ini sejalan dengan perencanaan jangka panjang yang telah dirumuskan pihak manajemen," ujar Direktur Utama Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan, Sabtu (1/10/2022).

Dijelaskannya,  dalam rencana janga pendek yakni sampai tahun 2022 ini ditujukan pada proses-proses teknis seperti pembangunan dan pengadaan.

Baca juga: Dukung Pencegahan Stunting, Ima Mahdiah Minta Perhatian Fasilitas Posyandu dan Air Bersih

Sedangkan untuk rencana jangka panjang sampai tahun 2035 mendatang lebih berorientasi masa depan seperti penambahan jumlah pelanggan.

Dia menuturkan Tirta Pakuan pernah mendapat penghargaan sebagai perusahaan sebagai PDAM terbaik yang berhasil meraih lebih dari 100.000 sambungan pelanggan.

"Kami terus melakukan perbaikan layanan yang cepat, mudah dan ramah,

Rencana jangka pendek kami ditujukan pada proses-proses teknis seperti pembangunan dan pengadaan. Sedangkan rencana jangka panjang lebih berorientasi masa depan seperti penambahan jumlah pelanggan," jelas Rino.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved