Cerita Kriminal

Kronologi Penangkapan 4 Pelaku Pencurian Toko Emas di BSD, Sampai ke Jawa Tengah Penuh Perlawanan

Keempat pelaku perampokan toko emas Sinar Mas ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan diamankan polisi berdasarkan sidik jari.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Jaisy Rahman Tohir
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
(Urut kiri-kanan) Polisi menunjukan empat tersangka perampokan toko emas Sinar Mas Land, ITC BSD, yakni SU (37), TH (37), MK (33) dan K (34) di Mapolres Tangerang Selatan, Jumat (30/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Keempat pelaku perampokan toko emas Sinar Mas ITC BSD, Serpong, Tangerang Selatan diamankan polisi berdasarkan sidik jari dari salah satu pelaku.

Polda Metro Jaya pun lakukan pengejaran hingga ke Grobokan, Jawa Tengah.

Dua pekan melakukan penyelidikan perampokan toko emas, polisi mengakui memulainya dari temuan sidik jari salah satu pelaku yang tercecer di beberapa lokasi kejadian.

"Dapat mengidentifikasi karena adanya sidik jari yang sempat tercecer milik salah satu pelaku. Yakni ada di skotlet motor yang terlepas, korek api di dalam jaket, sidik jari di selongsong peluru yang ada di TKP," jelas Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu, Jumat (30/9/2022).

"Kita rangkum hingga akhirnya keluar sebagai satu sidik jari utuh milik salah satu pelaku berinisial SU, yakni pemilik motor Megapro yang dipakai untuk beraksi," sambungnya lagi.

Baca juga: Kelompok Perampok Toko Emas ITC BSD Tertangkap, Densus 88 Selidiki Kaitan dengan Jaringan Teroris

Saat itu, polisi yang terdiri dari gabungan Jatanras Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Tangsel membagi tiga tim.

Hal itu untuk melakukan penangkapan di hari dan tanggal yang sama, ke tiga tempat berbeda pada Kamis (29/9/2022).

Bermula dari tersangka SU yang diamankan berdasarkan sidik jarinya, ditangkap di Leuwi Sadeng Bogor, Jawa Barat.

Saat melakukan aksi perampokan tersebut, dia berperan sebagai penunggu motor di parkiran, untuk menjaga motor eksekutor yakni tersangka TH.

"TH ini ditangkap dihari yang sama pukul 14.00 WIB, di Desa Karang Sari, Tanggung Harjo, Grobokan, Jawa Tengah. Selang sejam berikutnya masih dihari sama, diamankan juga tersangka MK di Desa Mojo Mulyo, Grobokan, Jawa Tengah," ungkap Sarly.

Polisi menunjukan empat tersangka dan barang bukti perampokan toko emas Sinar Mas Land ITC BSD dalam jumpa pers di Polres Tangerang Selatan, Jumat (30/9/2022).
Polisi menunjukan empat tersangka dan barang bukti perampokan toko emas Sinar Mas Land ITC BSD dalam jumpa pers di Polres Tangerang Selatan, Jumat (30/9/2022). (Tribun Tangerang/Rafzanjani Simanjorang)

Pada malam harinya sekitar pukul 19.00 WIB, diamankan lagi tersangka K di Kecamatan Benda, Kota Tangerang.

Perannya menyimpan atau penyembunyikan senjata api yang dipakai pelaku pada saat melakukan aksi perampokan.

Kasubdit Umum/Jatanras Polda Metro Jaya, AKBP Panji Yoga juga mengatakan, sempat terjadi perlawanan tersangka TH saat akan ditangkap di rumahnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved