Rencana Pemuda Tani Disambut Baik Wagub DKI, Lahan Sekolah Bisa untuk Bercocok Tanam

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons positif upaya Pemuda Tani Indonesia (PTI) soal bercocok tanam di lahan sekolah.

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons positif upaya Pemuda Tani Indonesia (PTI) soal bercocok tanam di lahan sekolah. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons positif upaya Pemuda Tani Indonesia (PTI) soal bercocok tanam di lahan sekolah.

Guna mengedukasi generasi penerus perihal bertani, PTI memasukan program bercocok tanam di lahan sekolah kedalam program mereka.

Di mana nantinya pihak PTI bakal menjalin kolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk memanfaatkan lahan sekolah yang tersisa secara produktif.

"Kemudian juga kita akan kolaborasi yang target utama kita ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kita ingin di sekolah-sekolah yang ada di DKI Jakarta ada lahan-lahan terbukanya kita ingin manfaatkan supaya lahan-lahan tersebut bisa produktif dan bis menghasilkan hasil pertanian," kata Ketua DPD PTI DKI Jakarta Yudha Permana di Hotel Peninsula, Sabtu (1/10/2022).

"Sekaligus juga untuk meningkatkan niat bercocok tanam buat anak-anak penerus bangsa kita. Jadi kita didik sejak dini," tambahnya.

Baca juga: Siswa SD di Srengseng Jakarta Barat Harus Lewat Jalan Rusak ke Sekolah, DPRD DKI Turun Tangan

Sebagai contoh, Yudha menyebut lahan tersisa tersebut bisa ditanami hydroponik, pokcoy, wortel, cabai, jamur dan sebagainya.

Bahkan, hasilnya pun bisa dinikmati oleh masyarakat lingkungan sekolah itu sendiri.

"Pertama kita akan ketemu dulu kita pengin nanti datang ke sekolah-sekolah mana yang kita bisa kolaborasi. Kalau diizinkan kita akan cari sekolah-sekolah yang lahan terbukanya agak luas. Nanti PTI akan kerjasama di situ," lanjutnya.

Hal ini pun langsung disambut positif oleh orang nomor dua di DKI yang menghadiri acara tersebut.

Pria yang akrab disapa Ariza ini pun setuju bila pemanfaatan lahan sekolah bisa menjadi solusi kurangnya lahan di Jakarta.

Baca juga: Sisi Lain Ketua KPU DKI Jakarta: Pak Dosen Pengoleksi Sepeda Antik yang Hobi Bercocok Tanam

Adapun bibit untuk bercocok tanam ini bisa bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta.

"Pemerintah memberikan juga kepada pertanian subsidi pupuk berbagai insentif. (Masalah besaran) itu pemerintah pusat, kebijakan, subsidi, dukungan kepada petani kebijakan pemerintah pusat. Dengan KPKP (masalah bibit)."

"Tadi kan maksudnya Mas Yudha bagus, jadi kita kita gak punya lahan kerjasama  sekolah-sekolah, dan juga warga dipekarangan rumah juga bisa dimanfaatkan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved