Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022

Buntut Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Tapi Liga 2, Liga 3 dan Piala Asia U-17 Tetap Jalan

PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 2022 selama sepekan buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tapi Liga 2, Liga 3 terus berjalan.

Kolase Foto Tribun Jakarta
Kolase Foto Logo PSSI dan Sekjen PSSI Yunus Nusi. PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 2022 selama sepekan buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tapi Liga 2, Liga 3 terus berjalan. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTAPSSI memutuskan untuk menghentikan sementara Liga 1 2022 selama sepekan buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang pasca-laga Arema FC vs Persebaya itu menewaskan 174 orang.

Liga 1 2022 dihentikan sementara untuk menghormati korban tragedi Kanjuruhan sambil menunggu hasil investigasi yang dilakukan PSSI, PT LIB dan pihak Kepolisian.

Namun selain Liga 1 yakni Liga 2, Liga 3 dan Turnamen ELite Pro Academy serta kualifikasi Piala Asia U-17 2023 tetap berjalan.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Baca juga: Arema FC Vs Persebaya, Suporter Gelar Tabur Bunga di GBK Malam Ini untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Yunus menegaskan PSSI telah memberikan catatan keras kepada panita penyelenggara dan klub-klub untuk belajar dari insiden tragedi Kanjuruhan.

“Yang jelas yang dihentikan liga 1 saja, kompetisi lainnya tetap dilakukan. Tentu kami, PT LIB untuk liga 2 telah memberikan instruksi bahwa Panpel, termasuk kepada klub untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dan untuk EPA karena ini anak-anak, hari ini final, kita yakin bahwa final sore ini akan berjalan lancar karena tanpa penonton,” kata Yunus Nusi di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/102/2022).

Sekjen PSSI Yunus Nusi (tengah) bersama dengan Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dan Dokter PSSI Syarif Alwi saat melakukan konferensi pers terkait tragedi Stadion Kanjuruhan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/10/2022).
Sekjen PSSI Yunus Nusi (tengah) bersama dengan Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dan Dokter PSSI Syarif Alwi saat melakukan konferensi pers terkait tragedi Stadion Kanjuruhan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (2/10/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Diketahui, Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung pada tanggal 1-9 Oktober 2022 di Stadion Pakansari, BogorOktober

Hal itu juga sudah ia sampaikan kepada beberapa negara yang ada di grup B.

Indonesia berada di grup B bersama dengan Guam, Uni Emirate Arab, Palestina dan Malaysia.

Baca juga: Di Dalam Ditembaki, Celakanya di Luar Sama Kata Suporter Arema FC Sampai Berlindung di Kios Orang

“Kemudiaan AFC U-17 yang berlangsung kemarin, kemudian tanggal 3, 5, 7 dan 9 (Oktober) di Stadion Pakansari tetap kita lanjutkan,” ujar Yunus Nusi.

“Kawan-kawan dari peserta memang sudah menanyakan dan kami sampaikan tetap dilanjutkan tentu dengan dasar bahwa tidak ada rivalitas di Pakansari, tidak ada pengerahan suporter yang banyak,” pungkasnya.

Pengurus PSSI ke Malang

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan pihaknya sangat menyesal dan turut berduka atas meninggalkan 129 orang usai menyaksikan laga Arema Fc vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved